PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BOLA

Main Article Content

Erina Dwi Susanti
Ummu Sholihah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang berupa e-modul berbasis Flip PDF Corporate pada materi luas dan volume bola yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian Borg & Gall, hanya 8 langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan siswa kelas VI SDN 1 Gamping, Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Nilai angket validitas dari ahli media adalah 95,6% dan ahli materi sebesar 93,4% termasuk kategori sangat valid. Nilai angket rata-rata kepraktisan pada uji coba pada siswa pada adalah 77,5 % termasuk kategori praktis. Pada uji independent sample t test dari hasil tes diperoleh nilai thitung adalah 5,592 dan ttabel adalah 2,080. Karena nilai thitung > ttabel maka terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan eksperimen dan juga diketahui rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,50 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 63,85. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Flip PDF Corporate pada materi luas dan volume bola valid, praktis dan efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Alviana, A., & dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa Di Masa Pandemi Covid 19.
Angriani, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
C, B. D., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (n.d.). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28–37.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. (D. S. M. Ibrahim, Ed.). Selong.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi (2018). Retrieved from jdih.kemdikbud.go.id
Latisma. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Padang: UNP Press.
Mulyasa. (2005). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.
Nisa, H. A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.
Partono. (2019). Pemanfaatan Modul Dalam Pembelajaran. Retrieved from https://sma1pegandon.sch.id/read/107/pemanfaatan-emodul-dalam-pembelajaran
Raharjo, S. (2015). Cara Uji Normalitas Shapiro-Wilk dengan SPSS Lengkap. Retrieved from https://www.spssindonesia.com/2015/05/cara-uji-normalitas-shapiro-wilk-dengan.html?m=1
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta. Retrieved from Dirjen Pendidikan Islam Keentrian Agama Republik Indonesia
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3.
Srihono, & Haninul Fuad, M. (2018). Pengaruh Media Flip Book Plus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Mejobo Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Statistic Center Undip. (2016). Independent Sample T Test. Retrieved from http://scundip.org/uncategorized/independent-sample-t-test/
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2012). Pengembangan Instrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (2), 1–16.
Trinova, Z. (2003). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, 209–215.
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. In Seminar Nasional Fisika (SNF) (pp. 124–129).
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. (S. F. S. Sirate, Ed.) (Pertama). Jakarta: KENCANA