Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Pola Bilangan Untuk Membantu Pemahaman Konsep

Main Article Content

Agustri Amelia Fajarwati
Puji Nugraheni
Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pola bilangan yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan yaitu penelitian Research and Development (R & D) dengan model yang digunakan yaitu model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ahli media dan materi yang menunjukkan kategori sangat valid dengan rerata skor dari ahli media sebesar 3,75 dan skor validasi materi sebesar 3,47, kepraktisan media pembelajaran diperoleh kriteria praktis dari skor angket respon siswa sebesar 3,24 dan respon guru sebesar 3,3, Hasil keefektifan media pembelajaran dari tes pemahaman konsep siswa diperoleh media dapat membantu pemahaman konsep dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 80% yang memenuhi kriteria efektif. Media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual layak digunakan dengan terpenuhinya kriteria valid, praktis, dan efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, S. T., & Reinita. (2021). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9853–9859.
Anugreni, F., & Pulungan, A. M. (2020). Strategi Peningkatan Konsep Matematika Diskrit Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Sukabumi: CV Jejak.
Dharmayanti, L., Munandar, A. I., & Mugara, R. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Journal of Elementary Education, 2(6), 240-244.
Fauziah, I. S., Zanthy, S. L., & Kuswoyo, R. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 246–255.
Giantara, F. (2019). Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 59–83.
Ilyas, & Mursid, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 142–155.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Konferensi Pendidikan Nasional: Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0, 2(1), 28–31.
Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 129–138.
Mufakat, T., & Usman, M. R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Ditinjau Dari Adversity Quotient Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–85.
Nababan, M. P., Hasibuan, A., & Silitonga, I. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 1–4.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1112-1122. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3132
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Raharjo, P. A., Kuswadi, Istiyati, S., & Kamsiyati, S. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dikdaktika Dwija Indria, 4(6), 1–7.
Riyanto, E., Wibowo, T., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Dengan Setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 1–9.
Santyasa, I. W., Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Guru-Guru di SMA N 2 Singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha, 1784–1790.
Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Siswono, E. Y. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supinah. (2008). Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Syafrina, A., Farhan, A., & Ropisa. (2016). Efektifitas Media Animasi Dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 1–7.
Wahyudi, D. A., & Amry, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android. Jurnal Fibonaci Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 18-27.