Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri

Main Article Content

Rani Nurmaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa bahan ajar matematika berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain ADDIE ( Analysis, Design, Develop, Implementasion, and Ecaluate). Uji coba di lapangan bahan ajar yang telah disusun dilakukan dengan diserahkan kepada ahli media dengan menyertakan lembar penilaian validator dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran matematika SMP Muhammadiyah Kawali. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk menentukan validasi bahan ajar, kisi-kisi, dan instrumen untuk menentukan keefektifan bahan ajar setelah pembelajaran yang kemudian dianalisis kevalidan bahan ajar yang dikembangan diperoleh dari data lembar validasi yang diisi oleh para ahli. Hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar transformasi geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan.


Kata kunci: pengembangan, etnomatematika, transformasi geometri

Article Details

Section
Articles

References

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11735
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ayuningtyas, D. A., & Setiana, D. S. (2018). Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dahlan, J. A., & Permatasari, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133.
Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ikatan Alumni S3 Pendidikan Matematika.
Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–158.
Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning. Thousand Oak, California: Sage Publication Company.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of the mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematika, 4(2), 35–36.
Suhartini, & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
Suprana, E., & Farida, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Transformasi. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–7.
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 268–283.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.