Analisis Pengaruh Modal Dan Harga Terhadap Tingkat Pendapatan Online Shop Di Kecamatan Koting (Studi kasus Di Desa Koting, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka)
DOI:
https://doi.org/10.32938/jep.v6i3.1522Keywords:
Modal, Harga, Pendapatan online shopAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Bagaimana perkembangan analisis pengaruh modal dan harga terhadap tingkat pendapatan Online shop di Kecamatan Koting, 2) Untuk Mengetahui Apakah Variabel modal dan variabel harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan Online shop di Kecamatan Koting. Penelitian ini menggunakan Data Kuantitatif, jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung, berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli dan (tidak melalui perantara). Terdapat 88 sampel dalam penelitian ini kemudian diolah dengan menggunakan Eviews 10 dan dianalisis dengan menggunakan model regresi dan statistik inferensial dengan empat uji yaitu 1) Uji asumsi klasik 2) Analisis regresi linear berganda 3) Uji hipotesis 4) Analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diperoleh: variabel Modal, variabel Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Online Shop. Sedangkan variabel Modal secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pendapatan Online Shop, variabel Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Online Shop. Dengan hasil Koefisien Determinasi Goodness Of Fit Test (R2) sebesar 0.538944 atau 53,89 persen variabel dependen (Pendapatan Online Shop) mampu dijelaskan oleh variabel independen Modal (X1), Harga (X2). Sedangkan 46,11 persen sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini.
References
Asri,1999 dan Angipora, 2002. Marketing. Yogyakarta: UUD - Amp UKPN. Cangara. Hafied. moleong. Lexy,2002. Metodologi
Adam Smith,2003. Pengantar Ekonomi Edisi Kedua jilid 1 Jakarta: Erlangga, 2003. T. Galariso, Op Cit, hal. 61
Aksara, Jakarta.Moeljono, Djokosantoso.2005.2 Halaman.
Ackley, Gardner, 1986. Buku Ekonomi Makro. Diterjemahkan Oleh Paul Sitonghong Penerbit UI Press. Jakarta.
Boediano.1982. Ekonomi Mikro.Edisi Kedua.Penerbit BPFE.Yogyakarta
Fitria, 2015:118. Journal ilmu komunikasi, Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman.Email: evamelitafitria@yahoo.com.hal117-128
Gilarso. 2007. Pengantar ilmu ekonomi Mikro. Yogyakarta. Kanisius.
Hafindo,2015:13 jurnal Manajemen.Fakultas Ekonomi.Vol 2,No 3,2017.
Igbal,2003. Pokok-Pokok Materi statistic 2 (Statistik Infersial). PT.Bumi Juju dan studio,2010.Psikologi Komunikasi.Bandung:PT Remaja.Rosdakarya.
Joni dan Lina,2010. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Struktur modal. Jurnal Bisnis dan Akuntasi.Vol.12, No.2 Agustus 2010.Hal 81-96.
Kustian, 1986. Studi kelayakan Bisnis.Rineka Cipta.Jakarta.
Kasmir,2008. Buku Kewirausahan.Jakrta:PT Raja Grafindo Persada
Lestari, Diana. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda”, Jurnal (Samarinda: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Samarinda, diana_lestari82@yahoo.co.id, 2016), hal. 1-2 Lamb et.al. 2001. Pemasaran. Buku 1 dan 2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Lamb et.al. 2001. Pemasaran. Buku 1 dan 2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Muqtadir, Achmad. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Angkutan Kota di Kabupaten Pangkep”, Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas hasanuddin Makassar.
Nazir,2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan pedagang kaki lima,212011145 @ Student, UKSW. Edu. Hal 1-4
Pitma,2015:38. Analisis factor - faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja di daerah Istimewa Yogyakarta.sikripsi. Universitas Negri Yogyakarta.
Sukirno, Sadono. 2010. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukirno, Sadono. 2005. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Ed.3, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukirno, Sadono. 1995. Pengantar Teori Mikro Ekonomi Edisi kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Swasta,2010 dan lab et.al.2001. Pemasaran. Edisi pertama. Salemba empat: Jakarta. Daryanto,2011. Manajemen Pemasaran.
Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
Standar akuntasi keuangan,2002:22. Defenisi Pendapatan.13.2. Hal 7-8.
Sukirno,2006:75. Facultyy of Economics Riau University, Pekanbaru, Indonesia.E-mail; alfionita.siahaan@yahoo.co.id
Widarjono, Agus. 2013. Ekonomitrika Pengantar dan Aplikasi Disertai Panduan
EViews. Ed 4, Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Mujiyana & ellissa, 2013. Jurnal Teknik Industri, Vol 8, No.3, PP.143-152, Sep.2013
Sari,2015. Depertemen Antropologi, Fisip Vaiversitas, Airlangga, Vol.IV, No. 2 Juli
2015, hal 205.