Determinan Kepuasaan Penggunaan E-Filling Dan Dampaknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
DOI:
https://doi.org/10.32938/jep.v6i4.8620Keywords:
Kepatuhan Wajib Pajak, Kepuasan Penggunaan E.FilingAbstract
E-filing merupakan sarana kemudahan yang disediakan Direktorat Jendral Pajak (DJP) untuk melaporkan kewajiban perpajakan. Keunggulan e-filing adalah wajib pajak dapat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tanpa dibatasi jarak, waktu dan tempat. Meskipun e-filing dapat mempermudah penyampaian SPT, akan tetapi dalam penerapannya sistem ini masih mengalami banyak kendala ataupun hambatan. Hal ini dikarenakan masih banyak wajib pajak belum memahami tentang pengoperasian e-filing serta kuranngnya kesiapan teknologi informasi wajib pajak dalam menggunakan e-filing. Meotode penelitian yang dipake adalah meotde survey dengan menyabarkan kuisioner dibeberapa daerah seperti Belu, Malaka, TTU dan TTS. Alasan pemilahan wilayah tersebut karena termasuk dalam wilayah dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Atambua. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dimana untuk menentukan sampel di perlukan pertimbangan. Pengujian hipotesisi menggunakan alat analisis bantuan program SmartPLS Partial Least Square versi 4.0. hasil penelitian menunjukkan Kualitas Informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhapan kepuasan penggunaan e.filing, Kualitas Sistem tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penggunan e.filing, Kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penggunaan e.filing dan kepuasan penggunaan e.filing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
References
Adhikari, & Ram, R. (2017). Kepuasan Wajib Pajak Dengan E-Filling Pajak Penghasilan (E-PPN). Asia Selatan Jurnal Kebijakan Dan Pemerintahan Vol 41 Nomor 2 , 57-74.
Aji, Ridho Pramana, Adriyanti Agustina Putri, Dian Puji Puspita Sari. (2022). Determinan Kepuasan Pengguna e-Filing Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Volume 24 No 1. 181-193
Ghozali, I. 2016. Structural Equation Modeling dengan Partial least squares. Edisi 4. BP Undip. Semarang
Ginting, D. B., & Marlina, M. R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas layanan, Kualitas informasi, kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap kepuasan penggu fasilitas e-filing. Media informatika, 16(1), 20-31
Islam, M. A., Yusuf, D. H., Yusoff, W. S., & Johari, A. N. (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Dalam Sistem E-Filing Pajak Penghasilan Malaysia. African Journal Of Business Management Vol. 6 , 6447-6455.
Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Pajak tahun 2021
Livari, J. (2005). An Empirical Test Of The Delone-Mclean Model Of Information System Success. The DATA BASE For Advances In Information Systems - Spring Vol. 36 No. 2 , 8-27.
Prasojo, L. H., & Pratomo, D. (2015). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (Rts) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem (Studi Kasus Pada Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung). eProceedings of Management, 2(1).
Rekayana, W. (2016). Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Penerapan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan. Journal Universitas Brawijaya.
Sarazkha, M. A. (2020). PengaruhKualitas Sistem, Kualitas Informasi, Persepsi Kemudahan Dan Keteapatan Waktu Penggunaan E filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi. 53(9), 1689– 1699
Sugiharti, M. ., Suhadak, & Dewantara, R. Y. (2015). Analisis Efektivitas dan Kelayakan SistemPelaporan Pajak Menggunakan E-Filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi pada KPP Pratama Malang Utara Periode 2015). Jejak Perpajakan, 6, No. 2
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Supadmi, P. A. E. P. W. N. L. (2016). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Tambun,Sihar & Ikhsan Muhtiar (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan penerapan e-system terhadap kepatuhan wajib pajak yang dimoderasi oleh Technology acceptance model. Jurnal Akuntansi Perpajakan vol.4 no 1. 1-15
Veeramootoo, N., Nunkoo, R., & Dwivedi, Y. K. (2018). Apa Yang Menentukan Keberhasilan Layanan E-Government? Validasi Model Integratif Kelanjutan Penggunaan E-Filing. Government Information Quarterly (2018) , 1-14.
Waluyo. 2017. Perpajakan Indonesia Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.
Widiani, Y. N., & Abdullah. (2018). Kualitas Pelayanan E-Government Melalui Aplikasi E-Filing Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen , 88-96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ekopem: Jurnal Ekonomi Pembangunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.