Strategi Dan Tantangan Perdagangan Luar Negeri Di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.32938/jep.v7i1.8731Keywords:
Strategi Dan Tantangan Perdagangan Luar Negeri Di Era GlobalisasiAbstract
Teknologi digital telah membuka peluang baru bagi bisnis untuk memperluas pasar, berinovasi. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui strategi peluang bisnis di era digital seperti persaingan yang semakin ketat, keamanan siber, dan perubahan perilaku konsumen.Salah satu tantangan utama yang dihadapi bisnis global di era digital adalah persaingan yang semakin ketat. Hal ini mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan efisiensi agar dapat bersaing di pasar global yang semakin kompetitif.Selain itu, keamanan siber juga menjadi tantangan serius bagi pebisnis global di era digital. Dengan adanya ancaman keamanan siber yang semakin kompleks, perusahaan harus menginvestasikan sumber daya untuk melindungi data dan informasi penting mereka dari serangan siber. Ini menuntut perusahaan untuk terus memperbarui sistem keamanannya agar dapat menghadapi ancaman yang terus berkembang di dunia digital.Selain itu, teknologi digital juga memungkinkan bisnis untuk memperluas pasarnya ke wilayah-wilayah baru dengan lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis global.
References
Anggara, I.W., & Darmawan, A. (2023). The impact of digital transformation on firm performance: Evidence from Indonesia.
Adi, S., & Utami, W. (2023). The impact of digital marketing on customer satisfaction: A study of e-commerce companies in Indonesia.
Anwar, M.S., & Kurniawan, A. (2023). The impact of digital transformation on the financial inclusion of micro, small, and medium enterprises in Indonesia.
Anggara, I.W., & Kusumawardhani, N.A. (2023). The impact of digital marketing on customer satisfaction: A study of e-commerce companies in Indonesia.
Ariyanti, M., & Gunawan, I. (2022). The impact of social media on brand equity: A study of fast-moving consumer goods companies in Indonesia.
Hakim, N.F., & Hidayat, A. (2022). The impact of e-commerce on the development of micro, small, and medium enterprises in Indonesia.
Lestari, W.D., & Nugroho, A. (2021). The impact of globalization on the development of Indonesian small and medium enterprises.
Pramana, W., Noviarita, H., & Anggraeni, E. (2022). Analisis Digital Marketing dan Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Pendapatan Pelaku Industri Kecil dan Menengah di Provinsi Lampung Melalui E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1526-1531.
Sholeah, D. A., Khan, H. I., Rahmawati, I., & Noviarita, H. PENINGKATAN KUALITAS DAN LAYANAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING.
Ficca, V. (2024). PENGARUH PRODUK DOMESTIK RAGIONAL BRUTO (PDRB) SEKTOR INDUSTRI PERTANIAN, PERIKANAN, KEHUTANAN, DAN PERDAGANGAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM TAHUN 2011-2022 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Jannah, A. M. R., Maulidiyah, I., Firdaus, L. F., Khurriyah, N., & Masnawati, E. (2024). PERAN DIGITALISASI DALAM MEMBENTUK INTERAKSI KOMPLEKSITAS MANUSIA DAN EKONOMI MAKRO. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(11), 538-542.
Indahsari, L., Noviarita, H., & Fasa, M. I. (2024). Empowering MSMEs clay and doll products: Navigating digital marketing challenges in the digitization era. Community Empowerment, 9(2), 347-354.
Ilham, M., & Noviarita, H. (2024). Creating a Sustainable Green Environment in Philanthropy Religious-Based Schools: The Cases of Darul Ishlah and Darussalam Syafa’at Islamic Boarding Schools in Indonesia. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 743-750.
Pratiwi, D. I., Noviarita, H., & Anggraeni, E. (2022). Impact of Viral Marketing on Marketplace Purchase Decisions in Indonesia. Jurnal Ekonomi Balance, 18(2), 276-284.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ekopem: Jurnal Ekonomi Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2.png)











