EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA PERUMDA AIR MINUM TIRTA CENDANA DI KECAMATAN KOTA KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32938/jan.v7i1.9426Keywords:
Efektivitas pelayanan, Motivasi kerja, Pengawasan, PERUMDAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDA) Tirta Cendana di Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara. Fokus penelitian ini mencakup lima aspek utama, yaitu lingkungan kerja, pengawasan, disiplin kerja, motivasi kerja, dan kompensasi yang berkontribusi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan masih menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya pemantauan dan evaluasi, keterbatasan sumber daya manusia, serta keluhan dari masyarakat mengenai distribusi air bersih. Selain itu, terdapat kendala dalam responsivitas pegawai dalam menangani keluhan pelanggan, terutama di luar jam operasional. Meskipun terdapat hambatan, beberapa upaya telah dilakukan oleh perusahaan, seperti perbaikan fasilitas kerja dan peningkatan komunikasi internal. Namun, masih diperlukan peningkatan dalam sistem pengawasan, insentif pegawai, serta penanganan keluhan pelanggan secara lebih cepat dan efektif. Dengan perbaikan di berbagai aspek tersebut, diharapkan pelayanan PERUMDA Tirta Cendana dapat lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
References
Batinggi dan Badu. 2017. Manajemen Pelayanan Umum, Yogyakarta, Andi Offset Akhmad. 2019. Manajemen Keuangan Daerah dalam Era Otonomi Daerah. Yogyakarta : Pustaka AQ.
Ekasarai, Ratna. 2020. Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi. Malang: AE Publishing.
Hasibuan, Malayu SP. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Indrasari Meithiana., 2019, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 tentang pedoman penilaian kinerja Perusahaan Daerah Air Minum.
Laksana, Fajar.2018. Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mahsun, 2016, Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE : Yogyakarta.
Peraturan Daerah No.4 Tahun 2018 tentang pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum maka Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDA).
Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 1998 tentang Perusahaan Umum.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1987 Tentang Penyerahan Sebagian Urusan Pemerintah Di Bidang Pekerjaan Umum Kepada Daerah.
Purwanti, D. 2022. Efektivitas Perubahan Kebijakan [The effectiveness of policy changes]. CV. Azka Pustaka.
Septiani, R. S., Waseh, H., & Stiawati, T. 2018. Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bekasi (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Sinambela, Lijan Poltak. 2017. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tambunan. 2014. Peran PDAM dalam Pengelolaan Bahan Air Baku Air Minum Sebagai Perlindungan Kualitas Air Minum di Kota Yogyakarta, Universitas Atmajaya Yogyakarta.Vol. 24.
Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang No. 23 Pasal 1 ayat 5 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JianE telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor.
JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JianE dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JianE: yaitu Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License




Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License