PENGARUH WORD OF MOUTH DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGADAIKAN EMAS PADA GADAI MAS

Authors

  • Junaidi Efendi Universitas Madura
  • Wahyu Maulana
  • Yudha Dewi Putra Negara

DOI:

https://doi.org/10.32938/ie.v4i3.3393

Keywords:

Word of Mouth, Digital Marketing, Keputusan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouthdan digital marketing terhadap keputusan nasabah menggadaikan emas pada Gadai MAS Unit Lenteng baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh nasabah Gadai MAS Unit Lenteng sedangkan sampel penelitian sebanyak 130 orang dengan menggunakan teknik sampling accidental dalam jangka waktu selama 1 (satu) bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji korelasi dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai;(2) Digital marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai; (3) Word of mouth dan digital marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai; (4) Word of mouth adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan gadai; (5) Nilai koefisien determinan dalam penelitian ini sebesar 0.494 atau 49,4%

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Efendi, J., Maulana, W., & Negara, Y. D. P. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGADAIKAN EMAS PADA GADAI MAS. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(3), 37–43. https://doi.org/10.32938/ie.v4i3.3393

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.