PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI

  • Evi Maria STIE Malangkucecwara
  • Tika Semida STIE Malangkucecwara
  • Kadarusman . STIE Malangkucecwara Malang
Keywords: ROA, ROE, Pengungkapan CSR

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk membuktikan secara empiris  pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai perusahaan  yang diproyeksikan dengan ROA apakah CSR mampu memoderasi hubungan antara Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan. Pengumpulan data penelitian ini berasal dari publikasi yang diterbitkan di Data Bursa Efek  Indonesia (BEI). Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019, dengan sampel adalah Perusahaan Manufaktur sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana dan regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, tinggi rendahnya rasio laba bersih terhadap total aset berimplikasi pada tinggi rendahnya nilai perusahaan artinya tinggi rendahnya rasio laba bersih terhadap total aset berimplikasi terhadap tinggi rendahnya nilai perusahaan.  Begitu pula CSR mampu memoderasi kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, artinya pengungkapan CSR dapat memperkuat hubungan Kinerja Keuangan yang berimplikasi pada peningkatan nilai perusahaan.

References

Nayenggita, Gina Bunga, Santoso Tri Raharjo, and Risna Resnawaty. "Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia." Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2.1 (2019): 61-66.
Nayenggita, Gina Bunga, Santoso Tri Raharjo, and Risna Resnawaty. "Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia." Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2.1 (2019): 61-66.
NAYENGGITA, Gina Bunga; RAHARJO, Santoso Tri; RESNAWATY, Risna. Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2019, 2.1: 61-66.
Yaparto, Marissa, Dianne Frisko, and Rizky Eriandani. "Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan pada sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada periode 2010-2011." Calyptra 2.1 (2013): 1-19.
Yaparto, M., Frisko, D., & Eriandani, R. (2013). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan pada sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada periode 2010-2011. Calyptra, 2(1), 1-19.
YAPARTO, Marissa; FRISKO, Dianne; ERIANDANI, Rizky. Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan pada sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada periode 2010-2011. Calyptra, 2013, 2.1: 1-1.
Nugraha, Dinar Prasetya, and Wahyu Meiranto. Pengaruh corporate social responsibility pada kinerja keuangan perusahaan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2014.
Nugraha, D. P., & Meiranto, W. (2014). Pengaruh corporate social responsibility pada kinerja keuangan perusahaan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
NUGRAHA, Dinar Prasetya; MEIRANTO, Wahyu. Pengaruh corporate social responsibility pada kinerja keuangan perusahaan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan. 2014. PhD Thesis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Lestari, Nanik, and Novi Lelyta. "Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan." Jurnal Ekonomi Manajemen, Akuntansi 22 (2019).
Lestari, N., & Lelyta, N. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, Akuntansi, 22.
LESTARI, Nanik; LELYTA, Novi. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, Akuntansi, 2019, 22.
Published
2024-04-02
How to Cite
Maria, E., Semida, T., & ., K. (2024). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 61 - 69. https://doi.org/10.32938/ie.v6i1.6578