Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama

Main Article Content

Agustina Yohana Hoar
Stanislaus Amsikan
Selestina Nahak

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan serta mengetahui faktor-faktor penyebab dalam menyelesaikan materi perbandingan pada siswa SMPK St. Isidorus Besikama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen  dalam penelitin ini adalah soal tes berbentuk uraian dengan  jumlah soal 4 nomor serta pedoman  wawancara.  Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa pada tipe  Kesalahan Membaca yaitu dengan perbandingan rata-rata presentase kesalahannya adalah sebesar 13%, kesalahan  Memahami Soal yaitu dengan rata-rata presentase kesalahannya adalah sebesar 42%, kesalahan Transformasi  yaitu dengan rata-rata presentase kesalahannya adalah sebesar 18%, kesalahan Keterampilan Proses yaitu dengan rata-rata presentase kesalahannya adalah sebesar 25%, dan kesalahan Penulisan Jawaban yaitu rata-rata presentase kesalahannya  adalah sebesar 45%.

Article Details

How to Cite
Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7
Section
Articles

References

Adisasmita Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintah Daerah. Graha ilmu: Yogyakarta

Agnesti Y, & Amelia R. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162.

Amir Z, & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. PT Plosokuning: Yogyakarta.

Budiyono. 2008. Kesalahan mengerjakan soal cerita dalam pembelajaran matematika. Paedagogia,1-8

Depertemen Pendidikan Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai pustaka: Jakarta

Hartini Sri Suwarno. 2008. Psikologi pendidikan. BP FKIP UMS: Surakarta.

Haryati Mimin. 2015. Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan. Referensi: Jakarta.

Nawati, D. Y. 2011. Lingkungan Pendidikan dan Aktivitas Belajar Yang Mendukung Prestasi Belajar Siswa. ( Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banaregara) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Pamungkas C M, Susanto H P, & Meifiani N I. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Edumatik, 2020.1.1

Singh P, Rahman, Sian Hoon T. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task : A Malaysian Perspective. Procedia on Internasional Confrence Mathematics Education

Researh (2010) 264 -271. Shah Alam: University Technology MARA.

Sudjana Nana, 2014. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung