Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Tradisional Suku Boti Di Kabupaten Timor Tengah Selatan

Main Article Content

Abeth Kanisius Nomleni
Stanislaus Amsikan
Fitriani Fitriani

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika pada tradisi dan kerajinan di Suku Boti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Tugas etnografi adalah menemukan dan menggambarkan organisasi pikiran tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Boti. Subjek penelitian ini diambil dari beberapa orang seperti; Usif Boti dan beberapa orang yang tinggal di Sonaf. Objek penelitian ini berupa kebudayaan yang berkembang pada masyarakat Suku Boti berupa; bangunan, tradisi, kerajinan, kesenian yang terkait dengan unsur-unsur matematika pada tradisi atau produk di suku Boti. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa; wawancara, eksplorasi, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian etnografi terdiri dari; Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Komponen, dan Analisis Tema.

Article Details

How to Cite
Nomleni, A. K., Amsikan, S., & Fitriani, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Tradisional Suku Boti Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(2), 101–112. https://doi.org/10.32938/jipm.7.2.2022.101-112
Section
Articles

References

Affrilyno, Nindyo. (2020). Rumah Panjang: Nilai Edukasi Dan Sosial Dalam Sebuah Bangunan Vernakular Suku Dayak di Kalimantan Barat. Jurnal Arsitektur Pendapa, I – I2.

D’Ambrosio. U. (1985). Etnomatemathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics-an Internatinal Journal of Mathematics Education, 5(1), 44-48.

D Herawaty, W Widada, T Novita, L Waroka, and A. N. M. T. L. (2018). Students’ Metacognition OnMathematical Problem Solving Through Ethnomathematics in Rejang, Indonesia.

Funan, F. X., Mamoh, O., (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 63– 75.

Jayanti, T. D.., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. 6(2), 53-66.

Jayati, I. G. N. (2015) Budaya Boti dan eksistensinya di era kekinian. Jurnal Penelitian Sejarah dan Nilai Tradisional 22 (1)

J B Darmayasa, Wahyudin, T. M. (2018). Ethnomathematics: The use of multiple linier regression Y=b1X1+ b2X2+e in traditional house construction Saka Roras in Songan Village.

Kou, D.., & Deda Y. N. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Acara Thela’s Keta pada Masyarakat Noemuti, RANGE; JurnalPendidikan Matematika, 1 (2), 83-87.

Lakapu, M & Lapenangga, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam konstruksi Lopo dan Ume Kbubu. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 1 (1) ,67-76.

Naat Y. M. (2017) Konde Pria Suku Boti Dalam sebagai symbol identitas; studi sosial kultural mengenai konde sebagai symbol identitas Pria Suku Boti Dalam (Tesis). Salatiga; Universitas Kristen Satya Wacana.

Sudirman, Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Pedagogy, 2(1), 74-85.

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi EtnomatematikaRumah Adat Joglo Tulungagung. 7(1), 22–28.

Tlonaen, M. A., & Deda, Y. N. (2021). Exploration Ethnomathematics on Traditional House Ume Kbubu in North Central Timor Districts. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012016

Walle, A.L. (2006). Matematika sekolah Dasar dan Menengah. Erlangga; Jakarta.

Yohanes, K., Zaenuri, M., & Budi, W. (2019). Kontribusi etnomatematika sebagai masalah kontekstual dalam mengembangkan literasi matematika. In PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 190-196).

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. 3(1), 1–13.