Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam membelajarkan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, meliputi define, design, develop, dessiminate. Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap develop. Untuk mengetahui kevalidan LKS yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media, serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 orang siswa SMKS Katolik Kefamenanu dan satu orang guru matematika. Hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media diperoleh persentase 93,85% dan 92,64% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji kepraktisan terhadap 10 orang siswa dan satu orang guru mata pelajaran matematika diperoleh persentase 94,22% dan 93,33% dengan kategori sangat praktis. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari LKS ini yang disesuaikan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan memecahkan masalah, dan dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Cahyani, H, & Setyawati, R, W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis PBL untuk mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, prosiding Seminar Nasional Matematika, 151-160. https://journal unnes.ac.id/ sju/index/ ,php/prisma/article//view/21635.
Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari indicator NCTM dan aspek berpikir kritis matematika siswa di kela 7B SMP Kanisius. JIPMat, 4(2), 125-134. https://doi.org/10.26877//jipmat.v4i2.4621.
NCTM. (2000). Pinciples and standards for school mathematics. United States of Amerika: The National Council of Teachers of Matemtika, Inc.
Prihastuti, W. S., Hudiono, B., & Mirza, A. (2013). Pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tingkat kemampuan dasar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(12), 1-16.
Riduan. (2011). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Son, A, L., & Fatimah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on Teaching Models Intervention and Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209-222.
Son, A, L. (2022). The Students’ Abilities on Mathematics Connections: A Comparative Study Based on Learning Models Intervention. Mathematics Teaching Research Journal, 14(2) 72-87.
Sumantri, R. F. (2013). Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal, Komitmen, dan Kepuasan Kerja Guru SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1). 30-35. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i1.3380.
Susanto, St. (2004). Matemtika Berbasis Realistik Anak. Basisi Nomor 1-8 tahun ke-53, Juli – Agustus 2004 Yogyakarta: Kanisius.
Sutarto, H. (2002). Effective Teacher Professional Development for the Implementation of Realistik Mathematics Education in Indonesia. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente.
Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matemtika Realistik Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Iovatif-progresif konsep Landasn dan Imolementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: kencana.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematiak Realistik Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yuwono, I. (2005). Pembelajaran Matematika Secara Membunmi. Malang: Universitas Negeri Malang.