Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Main Article Content

Efonius Piter Liwu
Aloisius Loka Son
Hermina Disnawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam membelajarkan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, meliputi define, design, develop, dessiminate. Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap develop. Untuk mengetahui kevalidan LKS yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media, serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 orang siswa SMKS Katolik Kefamenanu dan satu orang guru matematika. Hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media diperoleh persentase 93,85% dan 92,64% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji kepraktisan terhadap 10 orang siswa dan satu orang guru mata pelajaran matematika diperoleh persentase 94,22% dan 93,33% dengan kategori sangat praktis. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari LKS ini yang disesuaikan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan memecahkan masalah, dan dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
Liwu, E. P., Son, A. L., & Disnawati, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 185–196. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.185-196
Section
Articles