Eksplorasi Etnomatematika Tiga Candi Trimurti Pada Kompleks Candi Prambanan

Main Article Content

Endah Wulantina
Annisatul Fitriah
Azzahra Syaicha Putri
Esa Amar Ma'ruf
Himatul Aliyah
Sintyaningsih Sintyaningsih
Zahra Vionica

Abstract

Etnomatematika sebenarnya telah diterapkan pada kehidupan masyarakat, namun masih banyak yang belum menyadari hal tersebut. Salah satunya ialah pada kompleks Candi Prambanan yang terdiri dari 3 halaman dengan pola memusat dimana pada halaman utama terdapat candi induk yaitu Candi Trimurti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika Tiga Candi Trimurti pada kompleks Candi Prambanan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan dokumentasi serta analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang telah didapatkan. Hasil dari penelitian ini adalah etnomatematika yang ada pada tiga Candi Trimurti terdiri dari konsep geometri ruang, kesebangunan, geometri bidang, geometri fraktal, garis lurus dan konsep geometri transformasi (translasi). Penelitian ini dapat digunakan sebagai rancangan untuk pembelajaran matematika realistik di kampus dan di sekolah pada umumnya.

Article Details

How to Cite
Wulantina, E., Fitriah, A., Putri, A. S., Ma’ruf, E. A., Aliyah, H., Sintyaningsih, S., & Vionica, Z. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Tiga Candi Trimurti Pada Kompleks Candi Prambanan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 88–97. https://doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.88-97
Section
Articles