Pengembangan E-modul Berbasis Problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika

Main Article Content

Edy Santoso
Sugiyanti Sugiyanti
Agnita Siska Pramasdyahsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul problem based learning yang tepat dan praktis yang digunakan untuk keterampilan berpikir kritis siswa materi Statistika, dan mengetahui keefektifan e-modul problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Materi Statistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode ADDIE dengan desain Non-Equivalent Control Group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi validasi e-modul menurut ahli yang meliputi validasi media 85,33 %, validasi materi 90%, validasi aspek PBL 88%, validasi aspek berpikir kritis sebesar 85%, dan validasi bahasa sebesar 86,67%. Dari hasil validasi secara keseluruhan, e-modul yang dikembangkan valid dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata angket respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan mencapai nilai 79,83%. Hal ini menunjukkan nilai 79,83% praktis digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar e-modul berbasis Problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Santoso, E., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 192–212. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.192-212
Section
Articles