Setrategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Inovatif

Main Article Content

Mohammad Nurwahid

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah konsep pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran matematika, internalisasi Kurikulum Merdeka menghadirkan pendekatan inovatif yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep matematika, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan internalisasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika dan strategi implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dari jurnal tentang penerapan Kurikulum Merdeka. Analisis data menggunakan model Miles melalui tiga langkah yaitu pengumpulan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penlitian ini adalah guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika dapat menggunakan beberapa setrategi di antaranya: menerapkan pembelajaran dengan pemilihan metode pembelajaran yang variatif, penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran, kolaborasi dan diskusi dalam kelas, serta penerapan matematika dalam konteks nyata

Article Details

How to Cite
Nurwahid, M. (2023). Setrategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Inovatif. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 225–236. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.225-236
Section
Articles

References

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.
Fadillah, S. (2019). Pemanfaatan it dalam pembelajaran literasi matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 998–1000.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fianingrum, F., Novaliyosi., & Nindia, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education, 2(1), 293–304.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Karuniawati, A. (2022). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Merdeka Belajar Di Era 4.0 Oleh: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 PERAN, 33(1), 1–12.
Khafidin, D., Diva, S. A., & Sumaji, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Steam Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Untuk Siswa Sd Kelas V. Prosiding Seminar Nasional …, 101–110. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/386
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication, Inc.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Nurdiana, A., & Hasanudin, C. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Anggun. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi), 427–434.
Nurwahid, M., & Ashar, S. (2022). A Literature Review: Efforts to Overcome Student’s Mathematical Literacy. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 214–221. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/666
Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435
Pradella, W., & Bahri, S. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 7–15.
Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA