Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Snowball Throwing Berbantu Media Papan Pembagian Pada Siswa Kelas IV

Main Article Content

Marliana Noor Faiza
Aula Zahirotul Maulida
Intan Najwa Karimatul Khofifah
Diana Ermawati

Abstract

Pemahaman siswa terhadap matematika pada materi pembagian bersusun menurunkan minat belajar siswa yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar, kurangnya menggunakan model pembelajaran dan minimnya media belajar.  Oleh karena itu, perlu dikembangkan lingkungan belajar yang berbeda, salah satunya media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pembagian bersusun kelas IV SD 9 Gondosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 9 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model snowball throwing berbantuan media papan pembagian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 9 Gondosari Kudus. Hal ini terlihat dari jumlah siswa tuntas 3 yang tidak tuntas 8 pada prasiklus dengan presentase 68,2% kemudian tuntas 4 yang tidak tuntas 7 pada siklus 1 dengan presentase 73,6% dan jumlah siswa tuntas 11 pada siklus 2 dengan presentase 89,1%. Pencapaian hasil belajar pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan karena peserta didik mengalami ketuntasan belajar individual > 75%. Disimpulkan bahwa  hasil belajar matematika melalui model snowball throwing berbantu media papan pembagian pada siswa kelas IV terjadi peningkatan dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Faiza, M. N., Maulida, A. Z., Khofifah, I. N. K., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Snowball Throwing Berbantu Media Papan Pembagian Pada Siswa Kelas IV. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 173–181. https://doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.173-181
Section
Articles