Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo pada Materi Kongruensi dan Kesebangunan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang berlangsung di SMP N 2 Metro Timur, dimana guru hanya menggunakan buku paket ketika mengajar dan belum pernah mengembangkan media yang menarik sehingga siswa menjadi kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti bermaksud untuk mengembangkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model penelitian 4D, yang meliputi 4 langkah yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Uji coba dilakukan di SMP N 2 Metro Timur siswa kelas IX.6 dengan 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli dan angket respons peserta didik. Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo pada materi kongruensi dan kesebangunan yang layak dan praktis. Hasil validasi LKPD oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata 82,63% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi LKPD oleh ahli media memperoleh persentase rata-rata 91,66% dengan kriteria sangant valid. Sedangkan berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada 29 siswa, diperoleh persentase rata-rata respons peserta didik sebesar 84,83% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala yang dikembangkan valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Article Details
References
Aprilia, D., & Mustika, J. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika di SMP Negeri 1 Sukadana. Jurnal Pendidikan Matematikaikan Dan Matematika, 5(2), 10–16. Doi: https://doi.org/10.30606/absis.v5i2.1471
Bernadine Mboeik, S. G. (2020). Etnomatematika Pada Tabut Bansal Kota Bengkulu Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Kesebangunan Dan Kekongruenan Di Smp. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 137. Doi: https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.978
Choirudin, C., Mispani, M., Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 87. Doi: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8137
Choirudin, C., Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Sari, I. R., & Amalia, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pada Situs Purbakala Pugung Raharjo. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 18–27. Doi: https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3755
Dafid Slamet Setiana, & Nuryadi, N. (2022). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123. Doi: https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566
Dewi, K. S., Hadi, M., & Wildaniati, Y. (2022). Pengembangan Lkpd Geometri Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28. Doi: https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4816
Dinata, P. M., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1128–1134. Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3123
Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi AndroidDini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajara. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2.Doi: https://doi.org/10.20961/BASASTRA.V7I2.37800
Ekwandari, Y. S., Triaristina, A., & Susanto, H. (2021). Pemanfaatan Situs Purbakala Pugung Raharjo Sebagai Sumber Belajar Sejarah untuk Mahasiswa. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(2), 103–116. Doi: https://doi.org/10.29408/fhs.v5i2.3690
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60.Doi: https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan Lkpd Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. Doi: https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
Hartabela, D., & Masito, Y. (2019). Identifikasi Respon Pengunjung mengenai Keberadaan Desa Wisata Taman Purbakala Pugungraharjo Lampung. Jurnal Arsitektur, 9(2), 13 Doi: https://doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1258
Isnaniah, I., Imamuddin, M., & Annisa, A. (2023). Ethnomathematics Study: Mathematical Concepts in Bima Weaving Motifs. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3510–3518. Doi: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3687
Klorina, M. J., & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 181–192. Doi: https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6435
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Maghfiroh, R. L., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Menggunakan Aplikasi ANYFLIP Materi Segiempat dan Segitiga. Didaktika, 28(2), 15–27. Doi: https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3624
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. do muhamad, & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017 – 2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267. Doi: https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Novelia, R., Rahimah, D., & Syukur, M. F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20–25. Doi: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 137. Doi: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp. Numeracy, 8(1), 25–40. Doi: https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. Doi: https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Silvia, T. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45
Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl)Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas Iv. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 172–181. Doi: https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i1.17328