Etnomatematika Candi Tawangalun Sidoarjo pada Materi Geomerti di Sekolah Dasar: Studi Eksplorasi
Main Article Content
Abstract
Candi Tawangalun arsitekturnya memuat budaya yang berbentuk materi geometri. Perlu dieksplor dan dikaji mengenai bagian-bagian candinya yang terbentuk dari beberapa bangun datar dan bangun ruang. Bangun tersebut menjadi dasar untuk memahami sifat-sifat, rumus, dan hubungan antara berbagai objek geometris. Penelitian bertujuan (1) mendeskripsikan etnomatematika yang dieksplorasi melalui Candi Tawangalun dan (2) mendeskripsikan konsep bangun datar dan bangun ruang melalui eksplorasi Candi Tawangalun. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) ditemukan bahwa Candi Tawangalun memiliki beberapa konsep matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang. Konsep bangun datar terdapat pada Candi Tawangalun tampak depan, tampak samping kiri, tampak belakang, tampak samping kanan, pedupaan, tangga, halaman Candi Tawangalun sebelah utara, sebelah timur laut, sebelah timur, sebelah tenggara, dan sebelah selatan serta lubang Candi Tawangalun. Bangunan tersebut memiliki bentuk persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, dan lingkaran. Konsep bangun ruang berupa prisma trapesium pada bentuk bangunan Candi Tawangalun. Serta (2) hasil penelitian etnomatematika kemudian dikaji berdasarkan capaian pembelajaran di sekolah dasar. Adapun capaian pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan konsep bangun datar dan bangun ruang terdapat pada kelas 2, kelas 5, dan kelas 6.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Amaliyah, Aam, Nur Uyun, Resti Deka Fitri, and Septyana Rahmawati. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri.” Jurnal Sosial Teknologi 2(7):659–654. doi: 10.59188/jurnalsostech.v2i7.377.
Bili, Febriani Mita, Andreas Avelinus Sujadi, Tri Astuti Arigiyati, Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata, and Tamansiswa Yogyakarta. 2019. “Identifikasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya.” 7(1):115–24.
Camilo, Thalia Maria, Gloria Virginia, Budi Susanto, and Umi Proboyekti. 2021. “Pemodelan Representasi Pengetahuan Berbasis OWL Untuk Objek Arsitektur Candi Di Indonesia.” Jurnal Terapan Teknologi Informasi 4(1):13–21. doi: 10.21460/jutei.2020.41.190.
Fadillah, Mohamad Yasin, Sunardi Sunardi, Toto’ Bara Setiawan, and Nida’an Chofiyyah Astari. 2021. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Candi Jabung Di Desa Jabung Probolinggo Sebagai Bahan Ajar Siswa.” Journal of Mathematics Education and Learning 1(1):83. doi: 10.19184/jomeal.v1i1.24378.
Hariyadi, Bambang, and Gumpang Temple. 2023. “Gumpang Temple as a Source of Ethnomathematics Learning.” 6(1):6–12.
Hidayat, Taufik, Ali Asmar, and Yerizon Yerizon. 2021. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Muara Takus Di Kec. XIII Koto Kampar Riau.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 5(1):77–86. doi: 10.24036/jep/vol5-iss1/575.
Krismonita, Marenda Dias, Sunardi Sunardi, and Erfan Yudianto. 2021. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi Sebagai Lembar Kerja Siswa.” Journal of Mathematics Education and Learning 1(2):149. doi: 10.19184/jomeal.v1i2.24327.
Nisa, Asfira Zakiatun, and Imam Rofiki. 2022. “Exploration of the Ethnomathematics of the Bung Karno Tomb Complex in Cultural Based Mathematics Learning.” Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 6(1):107–20.
Nurfadilah, Aisah, Arif Rahman Hakim, and Reza Nurropidah. 2022. “Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika Pada Materi Luas Dan Keliling Segitiga.” Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):1–13. doi: 10.56916/jp.v1i1.33.
Pertiwi, Isnaindah Jasmine, and Mega Teguh Budiarto. 2020. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):438–53. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.257.
Rozzaq, GA. Shabir, SMA. Syach, MU. Susanto, MZ. Rahmawati, AD. Zahra, AV. Ningrum, DWP. 2023. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Indopedia 1(2):377–88.
Saputra, Rahmat, Septyani Thalia, and Tria Gustiningsi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar.” Jurnal Pendidikan Matematika 14(1):67–80. doi: 10.22342/jpm.14.1.6794.67-80.
Shabir, Sofin Musthafa Ahmad, Muhammad Ubaydillah Syach, Goffar Ar Rozzaq, Susi Hermin Rusminati, and Cholifah Tur Rosidah. 2023. “Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tengger Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.” 490–97.
Sunzuma, Gladys, Cecilia Chando, Isaac Gwizangwe, Nicholas Zezekwa, and Gracious Zinyeka. 2020. “In-Service Zimbabwean Teachers’ Views on the Utility Value of Diagrams in the Teaching and Learning of Geometry.” Lumat 8(1):1–18. doi: 10.31129/LUMAT.8.1.1316.
Zhang, Cheng, Tommy Tanu Wijaya, Ying Zhou, Jihe Chen, and Yimin Ning. 2021. “Ethnomathematics Values in Temple of Heaven: An Imperial Sacrificial Altar in Beijing, China.” Journal of Physics: Conference Series 2084(1). doi: 10.1088/1742-6596/2084/1/012015.