Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Main Article Content

Arkianus Nahak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Variabel bebasnya adalah media sosial facebook dan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dari 4 angkatan yaitu angkatan 2016, 2017, 2018 dan 2019 berjumlah 410 orang dan diambil dengan teknik purposive random sampling berjumlah 108 orang. Data diperoleh dari kuisioner, teknik analisisnya menggunakan Uji t (Model Regresi) besar nilai konstanta a sebesar 49, 550 artinya jika media sosial facebook (X) = 0, maka motivasi belajar Y = 49, 550, koefisien regresi variabel media sosial facebook (b) bernilai sebesar 0, 294 artinya jika media sosial facebook bertambah satu – satuan maka motivasi belajar juga bertambah sebesar 0, 294. Hubungan variabel X dan Y positif artinya semakin tinggi mengakses media sosial facebook, maka semakin baik motivasi belajar mahasiswa, dari hasil uji t (Model Regresi) tersebut dapat disimpulkan bahwa media sosial facebook pengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.

Article Details

How to Cite
Nahak, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 39–43. https://doi.org/10.32938/jipm.4.2.2019.39-43
Section
Articles