Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di kelas VIII SMP Negeri Nunufafi Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Maria C.M. Usatnoby
Stanislaus Amsikan
Oktovianus Mamoh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Nunufafi TA2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, jumlah sampel sebanyak 22 orang, diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket yang terdiri dari 17 butir angket Minat belajar, 10 butir angket Motivasi belajar dan 23 butir soal tes hasil belajar pada materi Relasi dan Fungsi yang valid dan reliabel. Angket dan soal tes sebelum digunakan, diuji coba terlebih dahulu, dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian perhitungan analisis regresi minat belajar dengan hasil belajar matematika diperoleh persamaan Ŷ = 9,682 + 0,831X1. Artinya regresi X1 atas Y berpola linear. Perhitungan analisis regresi minat belajar dengan hasil belajar matematika diperoleh persamaan Ŷ = 15,309 + 0,755X2. Selanjutnya dilakukan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh Minat belajar dan Motivasi belajar secara bersama terhadap hasil belajar matematika dengan hasil perhitungan Ŷ = 10,308 + 0,526 X1 + 0,299 X2. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika secara bersama. Perhitungan indeks determinasi disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar sebesar 86,2%, motivasi belajar sebesar 84,00% terhadap hasil belajar matematika secara partial dan 30,73% pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri Nunufafi TA 2019/2020.

Article Details

How to Cite
Usatnoby, M. C., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di kelas VIII SMP Negeri Nunufafi Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 59–63. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.59-63
Section
Articles

References

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Aunurahman. 2011. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

A’yunin D.R.Y.Q. 2016. Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Sendang Tahun Pelajaran 2016/2017”, http://repo.iain-tulungagung.ac.id/677

Azmidar A. dkk. 2009. Enhancing Students’ Interest through Mathematics Learning. ICMScE. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/895/1/012072/pdf. Di akses pada 09 Juli 2019.

C.T. Morgan. 1962. Introduction to Psycology. Jakarta: Pradnya Paramita

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada 11 Desember 2019 dari http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Faturrahman. 2012. Pengantar Pendidikan.Jakarta: PT. PustakaRaya

Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning. Fourth Edition. New York: Holt, Rinehart, & Winston.

Gunawan. 2013.Statistik untukPenelitian Pendidikan. Yogyakarta. ParamaPublishing

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hendriana H. dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung. Pt. refika Aditama.

Irham dkk. 2013.Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi Dalam ProsesPembelajaran.Yogyakarta: AR-RUZZMedia.

Ridwan. 2003.Dasar – dasar statistika. Bandung: Alfabeta

Septiani N. 2016. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Malang, https://lib.unnes.ac.id/28254/ diakses pada 07 September 2019.

Sirait E.D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jakarta. Jurnal Formatif 6(1): 35-43. http//: 234904. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Diakses pada 04 Agustus 2019.

Skinner, A. 1973. Resurrecting The Gypsum Block for Soil Moisture Measurement, Measurement Engineering.Australia. http://digilib.unila.ac.id/7114/20/. Diakses pada 11 Desember 2019.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Memperngaruhi. Jakarta. Bina Aksara.

Suhana C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sutikno, Sobry. (2004). MenujuPendidikan Bermutu.Mataram: NTT Press

Sutikno M. S. 2009. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung: Prospect. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Usman H. 2008. Pengantar Statistika.Jakarta: PT BumiAksara Warti E. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Garut. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. http: //jurnalmtk.stkip-garut.ac.id. diakses Pada 29 Juli 2019

Yunus A. S.Md, 2009. Motivation in the Learning of Mathematics. European Journal of Social Sciences – Volume 7, Number 4. https://www.researchgate.net/publication/265996639_Motivation_in_the_Learning_of_Mat hematics. Di akses pada 09 Juli 2019