MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI HIMPUNAN PADA KELAS VII SMP NEGERI NUNUFAFI

Main Article Content

Elianus Ukat
Hermina Disnawati
Stanislaus Amsikan

Abstract

Skripsi ini dengan judul: “Meningkatkan  Hasil  Belajar  Matematika  Siswa  Melalui Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  STAD  Materi Himpunan  pada  Kelas  VII  SMP  Negeri  Nunufafi”. Penelitian ini bertujuan memperoleh peningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Negeri Nunufafi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri Nunufafi, yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil tes (2) lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukan dengan menerapakan Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  STAD  dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri Nunufafi. Dari hasil penelitian maka persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 42,10% meningkat pada siklus II sebesar 78,94%. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri Nunufafi.

Article Details

How to Cite
Ukat, E., Disnawati, H., & Amsikan, S. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI HIMPUNAN PADA KELAS VII SMP NEGERI NUNUFAFI. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 14–18. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.14-18
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anwar, M. (2007). Model Pembelajaran Pada Madrasah Dan Tsamawiah. Jakarta: Ballai Litbang Agama

Hamzah, B. (2008). Model pembelajaran :menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: bumi aksara.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nugroho, dkk. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5, [Online]. Vol. 1 (1), 107-111.

Tersedia:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1019/929. (10 Maret 2020)

Slavin. (2008). Cooperative Lerning: Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah Nurulita Yudron. Bandung: Nusa Media.

Slavin. (2009). Cooperative Lerning: Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah Nurulita Yudron. Bandung: Nusa Media.

Sumantri M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktek di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers