ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA MATERI ALJABAR
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dapat menjadi bekal bagi seseorang siswa untuk melakukan inovasi dan perbaikan dalam aspek – aspek kehidupannya yang mengarah pada peningkatan kualitas diri. Peran pendidikan tersebut sangatlah penting. Agar dapat tercapai peningkatan kualitas siswa yang lebih baik, salah satu upaya adalah melatih kemampuan tingkat berpikir secara khusus berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking). Namun masih banyak terdapat kendala yakni masih banyak kesalahan – kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan jenis kesalahannya yakni kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan kecerobohan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal berbentuk higher order thinking pada materi aljabar. Metode yang digunakan adalah tes dan wawancara terhadap 9 orang subjek penelitian dari 3 sekolah berdasarkan kemampuan siswa yakni kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika
References
Bray, W.S. 2011. A Collective Case Study of The Influence Of Teachers’ Beliefs And Knowledge On Error-Handling Practices During Class Discussion Of Mathematics. Journal For Research In Mathematics Education, 42 (1), 2-38
Creswell, J. W.. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Lincoln: Pearson
Newman, A. 1977. “How To Solve it 2nd ed.New”. Tersedia: http://numeracyskills.com.au/newman-s-analysis, diakses 10 Juni 2019
Nurianti, Evi.dkk. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP. Pontianak: FKIP Untan
Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatf dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Rosyidi, Abdul Haris. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Al-Khoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan SPLDV. Surabaya: Tesis UNESA.