Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia
Main Article Content
Abstract
Artikel ini berjudul ‘‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia”, Bagaimana penerapan Numbered Heads Together (NHT) berbasis Multimedia agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema phytagoras ?, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema phytagoras dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA di SMP Negeri Tobala pada semester genap Tahun 2018/2019 yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 (tujuh butir soal). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dimana pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua yaitu melakukan tes. Dengan Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal adalah 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together (NHT) hasil belajar siswa meningkat ,hal tersebut dibuktikan pada siklus I persentase ketuntasan 65% siswa yang mengikuti tes 19 0rang atau 1 tidak hadir, yang tuntas 13 orang , dan aktivitas siswa cukup baik serta akitivitas guru juga baik. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa 20 orang, 17 orang tuntas dengan kategori sangat baik untuk siswa dan guru. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil matematika materi teorema phytagoras pada siswa SMP Negeri Tobala tahun ajaran 2018/2019.©2018 dipublikasikan oleh JSLK.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika
References
Arikunto ,dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi askara
Bantaika, O. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Strategi
Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Tobala Tahun Ajaran 2014/ 2015
Dewi, L. (2013). http://biologi¬-lestari.blogspot.co.id/2013/03/konsep-belajar-dan- pembelajaran.html
Haniyah, L. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63918/Lailatul%20Haniyah.pdf?sequence=1.
Mazidah, S., dkk. (2015). http://alshof.wordpress.com/2015/12/08/makalah-strategi-pembelajaran-kooperatif/.Diakses
Mursito, S. (2016). Solatif (Solusi Siswa Aktif). Sidoarjo: P.T Masmedia Buana Pustaka
Nenena. (2013). http://hidupsmart27.blogspot.co.id/2013/07/materi-matematika-kelas-8-smpmts-bab-5.html?m=1.
Olin, N, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar pada Siswa SMPK Darma Bakti Sto. Oelolok melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tahun Ajaran 2018/2019
Pietersz, F, dkk. (2010). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri I Cisarua. NegeriCisarua.https://www.researchgate.net/profile/Horasdia_Saragih2/publication/ 266604070/links/568a280f08aebccc4e199f17.pdf
suktikno, S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect
Sukiman. (2013). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yokyakarta: Insan Madani
Sonbay, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Faktorisa Suku Aljabar di SMPK Putra St. Xaverius Kefamenanu Kelas VIIIC Tahun Pelajaran 2016/2017.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Suryono dan Hariyantono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Suryabrata, S, dkk. (2013). http://match-edu.blogspot.com/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html. Diakses tanggal 30 Januari 2018.
Sutanto, T. (2011). http://jalurilmu.blogspot.com/2011/10/prestasi-belajar.html.
Tiranto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55-64.
Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 17-18.