Analisis Kebutuhan E-LKM Kalkulus Integral Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Main Article Content

Hesty Marwani Siregar
Titi Solfitri
Syarifah Nur Siregar
Rini Dian Anggraini
Fitri Aldresti

Abstract

Perubahan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara daring akibat munculnya virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring sampai saat ini masih memiliki kekurangan di beberapa hal, seperti pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis yang belum optimal akibat kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan, mahasiswa memerlukan bahan ajar seperti e-LKM yang tidak hanya bisa meningkatkan aktivitas mahasiswa tetapi juga kemampuan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa es kemampuan berpikir kreatif matematis, kuesioner, pengamatan, analisis bahan ajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahsiswa membutuhkan e-LKM yang memuat petunjuk, kegiatan, atau langkah kerja, dapat digunakan secara mandiri dimanapun dan kapanpun, serta dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam belajar sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Article Details

Section
Articles

References

Aldresti, F., Erviyenni, E., & Haryati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 292–299. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.292-299
Amidi. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester 1 pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 936–942.
Anggitasari, M., Tarwana, W., Febriani, R. B., & Syafryadin, S. (2020). Using Wattpad to Promote the Students’ Responses to Literary Works: EFL College Students’ Perspectives and Experiences of Enjoying Short Stories. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(2), 182–192. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i2.59
Annisah, S., Zulela, Z., & Boeriswati, E. (2020). Analysis of student needs for mathematics teaching materials. International Conference on Innovation in Research, 1469(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012156
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus 1 ditinjau berdasarkan Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 102–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4036
Azis, S. (2020). Cerita Mahasiswa Kuliah Daring, Cegah Penularan Wabah Covid-19. Telisik.id. https://telisik.id/news/cerita-mahasiswa-kuliah-daring-cegah-penularan-wabah-covid-19
Dalim, S. F., & Yusof, M. M. M. (2013). Quantitative Method of Textbook Evaluation for Chemistry (KBSM) Form 4 Textbook. Proceeding of the International Conference on Social Science Research, ICSSR 2013, 2013(June), 1038–1046. http://worldconferences.net/proceedings/icssr2013/toc/240 - SITI FAIRUZ DALIM - QUANTITATIVE METHOD OF TEXTBOOK EVALUATION FOR CHEMISTRY (KBSM) FORM 4 TEXTBOOK_done.pdf
Hartono, H., Putra, M. I. R., & ... (2021). Peningkatan kemampuan pola bilangan mahasiswa dengan LKM elektronik bermuatan etnomatematika dan bahasa inggris. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 2017, 100–104. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1826
Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., Xu, J., Gu, X., Cheng, Z., Yu, T., Xia, J., Wei, Y., Wu, W., Xie, X., Yin, W., Li, H., Liu, M., … Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5
Huljannah, M., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2018). Profil Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1428–1433. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11730
Lotfi, M., Hamblin, M. R., & Rezaei, N. (2020). COVID-19: Transmission, Prevention, and Potential Therapeutic Opportunities. Clinica Chimica Acta, 508, 254–266. https://doi.org/10.1016/j.cca.2020.05.044
Pasandaran, R., Kartika, D. M. R., & Masni, E. D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembuktian Dalil-Dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 3(1), 147–153. https://doi.org/https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/783/669
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana Prenadamedia Media Group.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif (VIII). Diva Press.
Pratama, O. R., Connie, & Risdianto, E. (2021). The Need Analysis of Learning Module Development Using Self Organized Learning Environment (Sole) Assisted by Augmented Reality on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium. International Journal of Innovation and Education Research (IJIER), 1(1), 19–30.
Sarassanti, Y., & Mutazam. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD pada Materi Bangun Ruang di STKIP Melawi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 133–139. https://doi.org/10.46368/jpd.v7i2.168
Septinawati, S., Febriani, R. B., Tarwana, W., & Syafryadin, S. (2020). Students’ Perceptions Toward the Implementation of Quipper School as an E-Learning Platform in Teaching English. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(2), 223–238. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i2.103
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.
Siregar, H. M., & Siregar, S. N. (2021). Profil Self Regulation Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau di Masa Pandemi Covid-19. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5601
Siregar, H. M., Siregar, S. N., & Solfitri, T. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2), 187–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i2.9855
Solfitri, T., Siregar, H. M., & Syari, R. (2019). The Analysis of Students â€TM Errors in Using Integration Techniques. Proceeding of the SS9 & 3rd URICES, 2, 978–979.
Sucahyo, N. (2020). Kuliah Daring Karena Corona, Mahasiswa Keluhkan Paket Data. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/kuliah-daring-karena-corona-mahasiswa-keluhkan-paket-data-/5333590.html
Sutrimo, Kamid, & Saharudin. (2019). LKPD bermuatan Inquiry dan budaya Jambi: Efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841
Sutrisno, D. (2020). Curhat Mahasiswa Kuliah Online, Banyaknya Tugas Hingga Rindu Ngampus. IDN Times. https://jabar.idntimes.com/news/jabar/debbie-sutrisno/curhat-mahasiswa-kuliah-online-banyaknya-tugas-hingga-rindu-ngampus/6
Syafryadin, Pratiwi, V. U., & Wardhana, D. E. C. (2021). Pre-service english teachers’ experience with various call applications: Hindrances and reflection. Studies in English Language and Education, 8(1), 99–114. https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.17609
WHO. (2020a). Novel Coronavirus (2019-nCoV). World Health Organization. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
WHO. (2020b). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020 - World Health Organization. World Health Organization. https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020
Wu, Y. C., Chen, C. S., & Chan, Y. J. (2020). The outbreak of COVID-19: An overview. Journal of the Chinese Medical Association, 83(3), 217–220. https://doi.org/10.1097/JCMA.0000000000000270
Yusup, M. (2010). Peningkatan hasil nelajar matematika siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) interaktif berbasis komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34–44. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816