Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear

Main Article Content

Siska Lestari
Lessa Roesdiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa pada materi program liniear. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikampek yang terdaftar  pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti diambil menggunakan teknik Sampling Kuota dengan jumlah kuota yang diinginkan sebanyak 35 siswa pada kelas XI. Pengumpulan data yang dslakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian sebanyak 1 butir soal yang keseluruhan mencangkup indikator kemampuan berpikir kompuatasi matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir alogaritma. Dari hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata dari 35 siswa sebesar 67,39 dengan nilai minimum sebesar 37,50 dan nilai maksimum sebesar 100. Kemampuan berpikir komputasional siswa dapat dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu : pada kategori sangat baik terdapat 3 siswa dengan presentase 8%, kategori baik terdapat 6 siswa dengan presentase 17%, kategori cukup terdapat 15 siswa dengan presentase 43%, kategori rendah terdapat 9 siswa dengan presentase 26%, dan pada kategori sangat rendah terdapat 2 siswa dengan presentase 6%. Dapat disimpulkan bahwa siswa pada kategori baik sudah mampu memenuhi semua indikator namun kurang sempurna pada indikator berpikir abstraksi.

Article Details

Section
Articles

References

Alfina, A. (2017). Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Aritmetika Sosial Ditinjau Dari Gender. Simki-Techsain, 1(4), 2–6.

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah. Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Bandung: PT Rineka Cipta.

Bailey, D. H., & Borwein, J. M. (2011). Exploratory Experimentation and Computation. Notices Othe AMS, 58(10), 1410–1419.

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95–107.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50.

Chan, S., Looi, C., & Sumintono, B. (2020). Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: A Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236.

Fatahillah, A., N.T., Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Procediamath, 8(1), 40–51.

Gita Lestari Pratiwi, B. A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IVSDN Kebon Bawang 03 Jakarta Gita. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08, 01.

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika Vol. 2, No. 3, September 2022, 2(3).

Kamil, M. R. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matemnatika, 12(2), 259–270.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55.

Maharani, A. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Siswa Smk Pada Materi Geometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 350.

PISA. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I.

Ramadhan, M. R., & Diana, H. A. (2022). Analisis Level Kemampuan Pemahaman Matematis dan Metakognitif Siswa SMP. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13–27.

Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kadir (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Impprovisasi, Dan Refleksi) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Supiarmo, M. G. (2021). Transformasi Proses Berfikir Komputasional Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Pemecahan Masalah Matematika Melalaui Refleksi. Tesis. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72.

Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.

Yadav, A., Mayfield, C., Zhou, N., Hambrusch, S., & Korb, J. T. (2014). Computational Thinking in Elementary and Secondary Teacher Education. ACM Transactions on Computing Education, 14(1), 1–16.

Yudhanegara, K. E. L. dan M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.