pengaruh model pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Main Article Content

Elisabeth Iga Mawarni Faot
Samuel Igo Leton
Wilfridus B.N. Dosinaeng

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran peer tutoring dan pengaruh terhadap peningkatan komunikasi matematis pada pokok pembahasan persamaan lingkaran di SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 26 orang siswa.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes peningkatan komunikasi siswa sebanyak 3 butir soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi pencapaian indikator  uji-t dan N-Gain berdasarkan hasil observasi dan pencapaian indikator, diperoleh peningkatan komunikasi matematis tergolong kategori tinggi berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 18.260 dan ttabel = 0.059 pada taraf signifikan 5% yang berarti thitung >ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan Uji N-Gain menunjukkan rata-rata yaitu 19,82 sedangkan hasil perhitungan nilai N-Gain yaitu 0.762307692 termaksud dalam kategori tinggi sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran peer tutoring terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (1992). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Irianto, B. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SMA melalui Strategi Think Talk Write. Bandung: Tidak Dipublikasikan .

Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics.

Hidayati. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Hidayat, M. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD 2008. UNS.

Luca, J. &. (2002). Promoting Student Learning through Peer Tutoring – A Case Study. . ED-MEDIA 2002 World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia & Telecommunications., Proceedings (14th, Denver, Colorado, June 24-29, 2002).

Duran, D. &. (2005). Styles and Sequences of Cooperative Interaction in Fixed and Reciprocal Peer Tutoring. Learning and Instruction, 15 (3), 179-199.

Vasy, E. (2010). The Effect of Peer Teaching in the Performance of Students in Mathematics. E-International scientific, Research Journal, 2, 161.

Within. ( 1992). Mathematics Task Centers, Professional Development, and Problem Solving. In J. Wakefield and L. Velardi (Ed) Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.