PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini review tiga jurnal penelitian mengenai model problem based learning dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar (Google Cendekia). Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah model problem based learning, kemampuan berpikir kritis, dan matematika. Dari beberapa jurnal penelitian model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dipilih tiga penelitian yang memenuhi kriteria untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis dari tiga jurnal penelitian disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning pada masing-masing jurnal dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika yang ditandai dari peningkatan keberhasilan belajar peserta didik.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika
References
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. 14, 9–18.
Anwar, R. (2013). Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. (45), 97–106.
Ismail. (2019). Perkembangan Kognitif pada Masa Pertengahan dan Akhir Anak-Anak (Middle And Late Childhood ). 1(1), 15–22.
Linda, W. (2017). Keterampilan Menulis Kreatif Cerpen Menggunakan Media Audio Siswa Kelas Xii Sman 1 Kecamatan Payakumbuh. Bahastra, 37(1), 89. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 1, 79–87.
Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning . 160–175.
Soekarnoputri, M. (2003). UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 203. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890