Pengaruh Self-efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Main Article Content

Anissa Putri Zaini
Heny Sri Widarna Nengsi
M. Febri Ikhsan Halki

Abstract

Setiap mahasiswa mempunyai pemahaman relasional yang berbeda-beda terhadap suatu materi pembelajaran matematika. Perbedaan itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satu faktornya adalah self-efficacy atau tingkat keyakinan pada diri sendiri. Dalam penelitian ini kami hendak mengetahui pengaruh dari self-efficacy terhadap kemampuan pemahaman relasional mahasiswa tadris matematika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan metode regresi sederhana dan populasinya adalah seluruh mahasiswa tadris matematika dengan sampel berjumlah 32 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampel stratified random sampling. Instrumen yang diterapkan pada penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 43% kemampuan pemahaman relasional dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh self-efficacy. Semakin tinggi nilai self-efficacy maka semakin tinggi juga tingkat kemampuan relasional pada mahasiswa dalam mengerjakan suatu soal matematika. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa untuk dapat menanamkan self-efficacy pada dirinya sebagai pondasi dalam menyelesaikan tugas maupun permasalahan dalam matematika serta dapat membantu untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman relasional dalam setiap proses belajar.

Article Details

Section
Articles