ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TURUNAN PARSIAL
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi turunan parsial. Soal cerita turunan parsial merupakan soal aplikasi dalam berbagai bidang yang dapat diselesaikan dengan prosedur turunan parsial. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III angkatan 2017 sebanyak 37 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri serta soal tes turunan parsial dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualtiatif yang terdiri dari dua jenis yakni analisis data tes tertulis menggunakan tahapan Newman dan analisis data wawancara menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menununjukkan sebagain besar subjek melakukan kesalahan transformasi soal yakni kesalahan dalam membuat model matematis, menentukan rumus, dan mengetahui operasi hitung yang digunakan. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan kemampuan dasar dalam mengaitkan berbagai konsep untuk memudahkan operasi matematika untuk menyelesaikan soal.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika
References
Ahmad A., Tarmizi, R.A., Nanawi, M. (2010). Visual Representations In Mathematical Word Problem Solving Among Form Four Student In Malacca. Procedia Social And Behavioral Science, 8 (pp.356-361).
Bates, E.T, Weist, L.R. (2004). Impact Of Personalization Of Mathematical Word Problems Student Performance. The Mathematics Educator. 14(2), (pp.17-26).
Blum W. (2015) Quality Teaching of Mathematical Modelling: What Do We Know, What Can We Do?. In: Cho S. (eds). The Proceedings of the 12th International Congress on Mathematical Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-12688-3_9.
Confrey, J., & Maloney, A. (2007). A theory Of Mathematical Modelling In Technological Settings. In W. Blum, P.
Galbraith, H.W. Henn, & M. Niss (Eds.), Modelling And Applications In Mathematics Education: The 14th ICMI Study (pp. 57-68). New York, NY: Springer.
Lawson, D., & Marion, G. (2008). An Introduction to Mathematical Modelling. (online) (https://people.maths.bris.ac.uk/~madjl/course_text.pdf). Diakses 20 Januari 2019.
Neumaier, A. (2004). Mathematical Model Building, Chapter 3 in: Modeling Languages in Mathematical Optimization (J. Kallrath, ed.), Applied Optimization, Vol. 88, Kluwer, Boston.
Prakitipong, N. dan Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), (pp.111-122).
Sahendra, A., Budiarto, M. T., & Fuad, Y. (2018). Students’ Representation in Mathematical Word ProblemSolving: Exploring Students’ Self-efficacy. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 947 (2018) 012059 doi: 10.1088/1742-6596/947/1/012059.
Sumule, U., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2018). Error Analysis of Indonesian Junior High School Student in Solving Space and Shape Content PISA Problem Using Newman Procedure. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 947 (2018) 012053 doi: 10.1088/1742-6596/947/1/012053.
Tello, E.A. (2010). Making Mathematics Word Reliable Measures of Student Mathematics Abilities. Journal of Mathematics Education, 3 (1), (pp.15-26).
Zamzam, K. F. & Patricia, F. A. (2018). Error Analysis of Newman to Solve the Geometry Problem in Terms of Cognitive Style. Advances in Social Science, Education And Humanities Research (ASSEHR), volume 160 University of Muhammadiyah Malang's 1st International Conference of Mathematics Education (INCOMED 2017). (24-27), Malang: Universitas Muhamamadiyah.
Zulkarnaen, R. (2018). Why is Mathematical Modeling so Difficult for Students? AIP Conference Proceedings 2021, 060026 (2018); https://doi.org/10.1063/1.5062790 Published Online: 17 October 2018 (1-6).