PENGUATAN REPRESENTASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANALOGI MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG

Main Article Content

Nasri Tupulu
Pradipta Annurwanda
Konstansia Hermiati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan penguatan kemampuan refresentasi visual dalam pembelajaran analogi matematika pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan refresentasi visual dalam pembelajaran analogi matematika  . Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena fokus penelitian ini menjawab bagaimana penguatan refresentasi visual dalam pembelajaran analogi matematik . Pengembangan dikonstruksi melalui tinjauan teoritik, sintesa dari penelitian terdahulu, dan contoh-contoh penguatan kemampuan refresentasi visual. sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 peserta didik  kelas XII di SMA Maniamas Ngabang tahun pelajaran 2023/2024 untuk memperoleh data hasil penelitian dan hasil wawancara. Alur instrumen  data dalam penelitian ini dilakukan melalui soal essay sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan refresentasi visual dalam pembelajaran analogi matematika dan wawancara langsung dengan 6 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan refresentasi visual peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 77,96 dan analogi matematika peserta didik juga sudah memenuhi 4 kriteria yang ditetapkan dimana terlihat dari kemampuan dalam menemukan kesamaan terkait pengetahuan yang ada dengan target soal yang diberikan. Kemudian dari hasil wawancara langsung peserta didik mengalami peningkatan kemampuan dalam memodelkan secara matematika, mengkomunikasikan ke peserta didik lainnya, dan sudah dapat menentukan kesamaan terkait soal yang diberikan.

Article Details

Section
Articles

References

Arcavi, A. (2003). The role of visual representations in the learning of mathematics. Proceedings International Group for the Psychology of Mathematics Education, 52, 215–241. https://doi.org/ED419696

Arum, I. D. M., Abdurrahman, & Nyeneng, I. dewa P. (2014). Pengaruh Kemampuan Representasi Visual Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(5), 81–93.
Azmi, Memen Permata. 2017. Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1.

Dwirahayu, G. (2018). Pengembangan Budaya Akademik Dosen- Hasil Kajian Toritis dan Hasil Penelitian. Jakarta: FITK Press.
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
NCTM. (2014). Six Principles for School Mathematics. Retrieved from http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf
Prastowo, T. (2011). Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(1).
Riyana, D., Sugianto, & Nursangaji, A. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Persamaan Garis Lurus Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–17.
Rendrayana, Ketut, dkk. 2020. Strategi Pembelajaran Analogi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 15-27. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5515.
Son, A. L. & Deda, Y. N. (2022). Template untuk Mempersiapkan Naskah untuk Dipublish di Jurnal Kami. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 1-4. Doi: https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.
Yuniarti, Yuyun Sri. 2020. Modul Pembelajaran SMA, Matematika Umum. Teori Peluang Matematika Kelas XII. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN