Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Materi Pola Bilangan

Main Article Content

Dian Pebriana
Adi Ihsan Imami

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam materi pola bilangan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII dan memilih sampel sebanyak 20 siswa yang dipilih secara purposive sampling pada salah satu SMP di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan instrumen tes yaitu berupa soal yang terdiri 3 soal dan setiap soal terdiri dari indikator fluency, fleksibility, dan keaslian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 orang dengan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan persentase 20% dalam kategori tinggi, 10 orang dengan persentase 50% dalam kategori sedang, dan 6 orang dengan persentase 30% dalam kategori rendah. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan rata-rata berkategori sedang yaitu dengan penjabaran kategori tinggi mampu menguasai seluruh indikator, kategori sedang hanya mampu menguasai indikator fluency dan fleksibility tapi indikator keaslian kurang menguasai, dan kategori rendah kurang menguasai ketiga indikator.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 779–784. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
As'ari, A. R., dkk.(2017).Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1.Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174
Jatisunda, M. G., Suciawati, V., & Nahdi, D. S. (2020). Discovery Learning with Scaffolding To Promote Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Efficacy. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 351–370. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6903
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Komarudin, Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241
Lestari, Karunia Eka& Yudhanegara, M. R.(2015).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA BARISAN BILANGAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 65–74. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Rahman, H., Maya, R., & Nurfauziah, P. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK KELAS XI PADA MATERI PERPANGKATAN, BENTUK AKAR DAN LOGARITMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 473–482. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.11165
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Safitri, D., & Maryati.(2021).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikaan Soal pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Math LOCUS:Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika,2(1),23-33.
Sari, R. F., & Afriansyah, E. A.(2022).Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Plusminus:Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 275-288.
Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The Application of Android-based GeoGebra on Quadratic Equations Material toward Mathematical Creative Thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.366
Supardi. (2015). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457#
Utari, M., & Tarman, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pola Bilangan Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 11(1), 113-119.
Yusmanengsih.(2021).Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.