PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini melatar belakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan observasi yang ditemukan, peserta didik hanya mengandalkan kemampuan menghafal saat menyelesaikan suatu masalah, sehinggah dalam menyelesaikan soal peserta didik hanya berpatokan dengan model soal yang sudah disampaikan tanpa mengandalkan kemampuan berpikir kreatif saat menyelesaikan suatu persoalan. Tujuan dari penelitian ini ialah agar meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, model yang digunakan adalah model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas X Jasa Boga dengan jumlah peserta didik seluruhnya 18 orang, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 rancangan yaitu: rancangan, perbuatan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang dipakai saat penelitian adalah lembar pengamatan kreatifitas peserta didik, RPP,LKPD, soal tes keterampilan berikir kreatif peserta didik di setiap siklus dimana siklus I terdapat 3 soal dan siklus II terdapat 2 soal. Setelah dilakukan penelitian hasil yang diperoleh adalah penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika peserta didik X Jasa Boga dengan sangat baik, dilihat dari rata-rata observasi kreatifitas peserta didik dan hasil tes kreatif peserta didik dalam setiap indikator kreatif pada setiap siklus. Dimana rata rata aspek indikator observasi kreativitas pada siklus I 35.41% tergolong dalam kategori kurang sedangkan siklus II diperoleh 73.75% tergolong dalam kategori tinggi, untuk rata rata aspek indikator hasil tes kreatifitas peserta didik di siklus I 28.41% sedangkan siklus II 58.33%.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika