ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA LEVEL 4 KONTEN BILANGAN

Main Article Content

Imelda Jebrina Bana
Hermina Disnawati
Selestina Nahak

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengikuti PISA sejak tahun 2000 hingga 2018, namun pencapaian prestasi siswa Indonesia pada tahun 2018 belum memuaskan.  Hal ini diduga kuat salah satu faktor penyebabnya adalah guru, dimana masih banyak guru yang belum tahu tentang sistem penilaian PISA, soal-soal model PISA, dan cara menyelesaikan soal model PISA. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan matematika mahasiswa yang berkemampuan rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal model PISA level 4 konten bilangan. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini telah dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika Unimor, tahun 2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang berkemampuan matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal model PISA level 4 konten bilangan, sedangkan mahasiswa yang berkemampuan matematika sedang dan tinggi  sudah mampu menyelesaikan soal model PISA level 4 konten bilangan.

Article Details

Section
Articles

References

Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2013). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, V(1), 1-14

Disnawati, H. (2018). Literasi Matematika: Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Di Wilayah Perbatasan Indonesia-Timor Leste. Prosiding KNPMP III (hal. 773-779). Universitas Timor.

Jamil, N. A. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Aspek Logika Dan Penalaran pada siswa Usia 15 Tahun Di Mts Negeri Jember. Skipsi Universitas Jember: skripsi.

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/73520/120210101084--Nur%20Asiyah%20Jamil%20-1-5.pdf;sequence=1

Purti, dkk. (2015). “Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Gentang Banyuwangi”. Artikel Ilmiah mahasiswa 2(1).

Setiawan, H., dkk. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikit Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika(hal.244-251).Universitasjember. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/955

Stacey, K. (2011)The View of mathematics Literacy in Indonesia: Journal on mathematics Education( Indo- MS_ JME).

Sulastri, R., dkk. (2014). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah Menyelesaikan Soal PISA Most Difficult Level Most Difficult.Jurnal Didaktif Matematika. Vol. 1(2), 13-20

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015: Artikel.Tersediaonline:https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Zulkardi, dkk. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA Model Konten Bilangan untuk mengetahui kemampuan Literasi matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2(1), 14-26