Improving the XI Grade Students’ Writing Skill of SMA FQI Kefamenanu Using Quantum Writing Method in 2023/2024 Teaching Year

Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu Menggunakan Metode Quantum Writing Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Anselmus Sahan
  • Eugelin Sulaiman

Abstract

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS XI SMA FQI (FIDES QUAERENS INTELLECTUM) KEFAMENANU MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING TAHUN AJARAN 2023/2024 (CLASSROOM ACTION RESEARCH)” bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan penggunaan quantumwriting untuk meningkatkan ketuntasan siswa kelas XI SMA FQI Kefamenanu dalam menulis bahasa Inggris, mengidentifikasi bagian menulis yang masih sulit dikuasai siswa dalam menulis bahasa Inggris, dan mengkategorikan tingkat penguasaan mereka dalam menulis bahasa Inggris. Untuk mendapatkan data, mereka mengajar dua kali dan memberikan tes dan angket kepada siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pretest adalah 65 dan pada posttest adalah 95. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mempunyai permasalahan dalam kompetensi menulis. Masalah utama mereka adalah mereka tidak mempunyai kosakata yang cukup untuk menulis dalam bahasa Inggris. Namun, metode penulisan kuantum telah membantu mereka dalam menulis. Oleh karena itu, walaupun tingkat penguasaan mereka hanya cukup pada saat pretest, namun tingkat penguasaan mereka sangat baik pada posttest. Metode ini efektif meningkatkan kompetensi menulis mereka. Temuan ini mengharuskan semua guru bahasa Inggris mempromosikan penulisan kuantum sebagai metode tepat yang dapat membantu siswa menulis dengan baik dalam bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: peningkatan, keterampilan menulis, siswa, SMA FQI, PTK

 

ABSTRACT

This research aims to know whether or not using quantum writing is effective to improve the mastery of XI grade students of SMA FQI Kefamenanu in writing English, identify the part of writing which is still difficult for the students to master writing English, and categorize their level of mastery in writing English. To get the data, they taught twice and give the students test and questionnaire. The results of data analysis show that the students’ average score is 65 in pretest while 95 in posttest. In indicates that they had problems in writing competence. Their dominant problem is that they did not have enough vocabulary to write in English. However, quantum writing method has helped them to write. Therefore, although their level of mastery was just enough in pretest, their level of mastery was excellent in posttest. The method has effectively improved their writing competence. These findings require all teachers of English promote quantum writing as the appropriate method that can help the students to write well in English.

 

Keywords: improving, writing skill, students, SMA FQI, CAR

Downloads

Published

2025-01-13