Inclusive Mathematics: An Analysis of the Learning Process with a Differentiated Approach in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 2 Magelang, Indonesia
Matematika yang Inklusif: Analisis Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada SMP Negeri 2 Magelang, Indonesia
Keywords:
Matematika Inklusi, Pendekatan Diferensiasi, Kurikulum Merdeka, Proses Pembelajaran, Pendidikan Inklusif, IndonesiaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran matematika yang inklusif dengan pendekatan diferensiasi dalam konteks Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Magelang, Indonesia. Kurikulum Merdeka, yang diperkenalkan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam pembelajaran, menawarkan kesempatan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan beragam siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru, analisis dokumen kurikulum, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu dalam mengatasi kesenjangan pembelajaran di antara siswa dengan latar belakang yang berbeda. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan strategi diferensiasi, termasuk kurangnya pelatihan dan sumber daya yang memadai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PROSIDING HARI BANGSA: Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kawasan Perbatasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





