Exploration of Ethnomathematics in Cianjur Sweets as a Source of Contextual Learning

Eksplorasi Etnomatematika Pada Manisan Cianjur Sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Rani Sugiarni Universitas Suryakancana
  • Sabina Haikal Aulia Universitas Suryakancana
  • Afila Mangaraja Butar Butar Universitas Suryakancana

Keywords:

Etnomatematika, Manisan Cianjur, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur etnomatematika pada manisan Cianjur, serta potensinya sebagai sumber pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan pembuat manisan tradisional, serta dokumentasi proses produksi. Penelitian ini menggunakan human instrument, di mana peneliti berperan langsung sebagai pengumpul data dengan berinteraksi langsung dalam lingkungan penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas pembuatan manisan, wawancara untuk memahami aspek budaya dan matematis, serta dokumentasi untuk merekam pola dan proses yang terlibat.  Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai konsep matematika, seperti geometri dalam bentuk dan susunan manisan, aritmatika sosial dalam pengelolaan biaya dan bahan, sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dalam penghitungan proporsi bahan, serta peluang dalam variasi rasa dan hasil produksi. Temuan ini menunjukkan relevansi dan signifikansi etnomatematika dalam pendidikan matematika, terutama dalam mengaitkan konsep abstrak dengan konteks budaya lokal. Selain itu, interaksi budaya dalam proses pembuatan manisan memperkaya pemahaman siswa mengenai hubungan antara tradisi lokal dan konsep matematis.  Integrasi etnomatematika manisan Cianjur ke dalam pembelajaran kontekstual memungkinkan siswa untuk memahami konsep matematika melalui pengalaman budaya yang relevan. Hal ini tidak hanya meningkatkan minat belajar, tetapi juga memperkuat pemahaman konsep secara lebih mendalam. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan materi pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai upaya menghubungkan matematika dengan budaya lokal, sekaligus melestarikan warisan budaya daerah. 

Author Biography

Sabina Haikal Aulia, Universitas Suryakancana

Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2025-01-13