PENGENALAN INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yanti Boimau Universitas San Pedro
  • Andri Hapsari SMA Negeri 4 Purworejo
  • Anastasia Kadek Dety Lestari Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/timora.v1i2.8469

Keywords:

Internet of Things (IoT); literasi sains; teknologi; pendidikan dasar.

Abstract

Pendidikan di tingkat dasar memegang peran penting dalam membentuk pemahaman teknologi sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi di SDN Oelnitep melalui pengenalan konsep dan penerapan Internet of Things (IoT). Kegiatan ini melibatkan siswa dan guru dalam sosialisasi mengenai IoT, diikuti dengan perakitan alat IoT sederhana menggunakan Arduino. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk memahami cara kerja perangkat IoT salah satunya sensor kelembaban dan bagaimana penerapan sains dalam teknologi IoT. Melalui interaksi langsung dengan alat dan teknologi yang digunakan, peserta memperoleh pemahaman dasar tentang IoT, penerapan sains dalam teknologi dan keterampilan praktis dalam merakit dan mengoperasikan perangkat IoT. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dan guru mengenai teknologi, serta menumbuhkan minat untuk belajar khususnya pembelajaran lebih lanjut mengenai sains dan teknologi. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dasar yang kuat bagi peserta untuk lebih siap menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.

References

Fathurrahman, I., et al. (2021). Penerapan Sistem Monitoring Hidroponik berbasis IoT. ABSYARA Journal.

Ijtihadie, R. M., et al. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru melalui Pelatihan IoT. Sewagati Journal.

Manek, P. G., Lestari, A. K. D., Tae, L. F., & Tae, A. V. (2024). The improvement of students’ digital literacy based on environment and local wisdom at public elementary school of Oelnitep, Kefamenanu City District North Central Timor. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1579-1586.

Risald, R., Baso, B., Benu, L. W., & Lestari, A. K. D. (2024). Inovasi irigasi tetes otomatis untuk aquaponik berbasis IoT. Journal of Information and Technology, 4(1), 18-21.

Royyana, M. I., et al. (2022). IoT dalam Pendidikan Dasar untuk Pemerataan Literasi Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia.

Shiddiqi, A. M., et al. (2022). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sewagati Journal.

Sulistyo, G. B., et al. (2023). Sistem Smart Garden untuk Pembelajaran Teknologi. JPPM Journal.

Downloads

Published

02-12-2024