PENGENALAN INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32938/timora.v1i2.8469Keywords:
Internet of Things (IoT); literasi sains; teknologi; pendidikan dasar.Abstract
Pendidikan di tingkat dasar memegang peran penting dalam membentuk pemahaman teknologi sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi di SDN Oelnitep melalui pengenalan konsep dan penerapan Internet of Things (IoT). Kegiatan ini melibatkan siswa dan guru dalam sosialisasi mengenai IoT, diikuti dengan perakitan alat IoT sederhana menggunakan Arduino. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk memahami cara kerja perangkat IoT salah satunya sensor kelembaban dan bagaimana penerapan sains dalam teknologi IoT. Melalui interaksi langsung dengan alat dan teknologi yang digunakan, peserta memperoleh pemahaman dasar tentang IoT, penerapan sains dalam teknologi dan keterampilan praktis dalam merakit dan mengoperasikan perangkat IoT. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dan guru mengenai teknologi, serta menumbuhkan minat untuk belajar khususnya pembelajaran lebih lanjut mengenai sains dan teknologi. Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dasar yang kuat bagi peserta untuk lebih siap menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.
References
Fathurrahman, I., et al. (2021). Penerapan Sistem Monitoring Hidroponik berbasis IoT. ABSYARA Journal.
Ijtihadie, R. M., et al. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru melalui Pelatihan IoT. Sewagati Journal.
Manek, P. G., Lestari, A. K. D., Tae, L. F., & Tae, A. V. (2024). The improvement of students’ digital literacy based on environment and local wisdom at public elementary school of Oelnitep, Kefamenanu City District North Central Timor. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1579-1586.
Risald, R., Baso, B., Benu, L. W., & Lestari, A. K. D. (2024). Inovasi irigasi tetes otomatis untuk aquaponik berbasis IoT. Journal of Information and Technology, 4(1), 18-21.
Royyana, M. I., et al. (2022). IoT dalam Pendidikan Dasar untuk Pemerataan Literasi Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia.
Shiddiqi, A. M., et al. (2022). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sewagati Journal.
Sulistyo, G. B., et al. (2023). Sistem Smart Garden untuk Pembelajaran Teknologi. JPPM Journal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Timora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi - menyalin dan mendistribusikan materi dalam format atau media apa pun, dan
- Mengadaptasi - me-remix, mengubah, dan membangun materi berdasarkan karya ini.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mematuhi syarat-syarat lisensi berikut:
Dengan ketentuan berikut:
- Atribusi - Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyertakan tautan ke lisensi, dan memberi tahu jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda;
- NonKomersial - Anda tidak boleh menggunakan materi ini untuk tujuan komersial;
- Berbagi Serupa - Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun karya berdasarkan materi ini, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan karya asli; dan
- Tanpa Pembatasan Tambahan - Anda tidak boleh menerapkan syarat hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa yang diizinkan oleh lisensi ini.
Catatan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi ini untuk elemen materi yang berada di domain publik atau jika penggunaan Anda diizinkan oleh Timora dengan pengecualian atau batasan hukum yang berlaku, dan
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda maksudkan. Misalnya, hak lain seperti hak publikasi, privasi, atau hak moral dapat membatasi bagaimana Anda menggunakan materi ini.