PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SMP KELAS VII DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Kristina Hildegardis Bikolo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi  aritmatika sosial menggunakan pendekatan Problem Based Learning bagi siswa SMP kelas VII. Selain itu juga untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa. Hasil penelitian pengembagan ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor 4,72 dengan klasifikasi sangat baik oleh ahli materi dan rata-rata skor 4,40 dengan klasifikasi sangat baik oleh ahli media. (2) LKS dinyatakan praktis, mendapatkan rata-rata skor 4,87 dengan klasifikasi sangat praktis melalui angket respon siswa.


 

Article Details

Section
Articles

References

Agusti, E., Lukman, A., & Aina, M. (2017). Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Berbasis Entrepreneurship Untuk Siswa Kelas XI Tata Niaga Di Sekolah Menengah Kejuruan. 1-11.
Dick & Carey. (1996). The Sistematic Design Of Instruction. Fourth Edition: Harper Collins College Publisher.
Fitri, Y., & Octarini, H. (2017). Pengembangan Handout dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Math Educa Journal, 1(1), 74-85.
Lee, C. D. (2014). Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of Readiness, and Science Achievement: A CrossCountry Comparison. Universal Journal of Educational Research, 2(2), 96–106.
Masyithah, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat optik di MAN Aceh Jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Prawiradilaga, D. S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran (instructional design principles). Jakarta: Prenada Media Group.
Ridwan, R., Zulkardi, & Darmawijoko. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning Di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen , 92-115.
Suherman, E. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Sulistyaningrum, Karyanto, P., & Sunarno. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Arias untuk Memberdayakan Motivasi dan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem. INKUIRI Jurnal Pendidikan IPA, 1(4), 104-116.
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online), (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf, diakses pada tanggal 24 Februari 2020).
Van De Walle, J. (2007). Elementary and Middle School Mathematics Sixth Edition. Pearson Education, Inc.
Wahyuni, D., Lusiana, & Marhamah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PMRI Pada Materi Segitiga Kd.6.1 Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Online, 1-13.