Desain Bahan Ajar Digital Statistik Pendidikan: Teori, Praktik, dan Case Study

Main Article Content

Sri Wahyuni
Fertilia Ikashaum

Abstract

Penelitian terkait pengembangan bahan ajar pada mata kuliah statistik pendidikan perlu dilakukan untuk mendukung penguasaan materi analisis data pada mahasiswa yang akan melaksanakan tugas akhir berupa penelitian ilmiah. Tujuan dikembangkannya bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar statisitk pendidikan yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode yang digunakan adalah design research tipe development study. Subjek penelitian terdiri dari dosen dan mahasiswa IAIN Metro yang disesuaikan dengan tahapan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar statistik bernilai valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator pada tahap expert review dan praktis berdasarkan respon pengguna pada tahap small group. Berdasarkan analisis data pada tahap field test, efek potensial yang dihasilkan adalah ketercapaian pemahaman materi sebesar 70,9%.

Article Details

Section
Articles

References

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Delyana, H., Fauzan, A., Armiati, A., Gistituati, N., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2313–2323. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.772
Hanggara, Y., & Amelia, F. (2018). Pengembangan Modul Statistik Pendidikan Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1261
Meilisa, M., & Kurnia, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Elementer Menggunakan Aplikasi Minitab. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(2), 64. https://doi.org/10.31958/js.v10i2.1243
Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762
Nurdianto, W. B., Juwaedah, A., & Karpin, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867
Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., Ibrahim, B., & Khasanah, M. F. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Case Study pada Mata Kuliah. Indonesian Journal of Social Science Education, 4(2), 95–105.
Putri, F. M., Khairunnisa, K., Aghnia, R. B., & Ahriyati, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Statistika dan Peluang berbasis Predict Observe Explain. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 001. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.20673
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (Aminol Rosid Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.
Taqwa, M. (2022). Praktikalitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik Dengan Software R Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV) Volume 4 Nomor 1, 4(1).
Tessemer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Kogsn Page Limited.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Delyana, H., Fauzan, A., Armiati, A., Gistituati, N., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2313–2323. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.772
Hanggara, Y., & Amelia, F. (2018). Pengembangan Modul Statistik Pendidikan Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1261
Meilisa, M., & Kurnia, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Elementer Menggunakan Aplikasi Minitab. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(2), 64. https://doi.org/10.31958/js.v10i2.1243
Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762
Nurdianto, W. B., Juwaedah, A., & Karpin, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867
Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., Ibrahim, B., & Khasanah, M. F. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Case Study pada Mata Kuliah. Indonesian Journal of Social Science Education, 4(2), 95–105.
Putri, F. M., Khairunnisa, K., Aghnia, R. B., & Ahriyati, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Statistika dan Peluang berbasis Predict Observe Explain. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 001. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.20673
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (Aminol Rosid Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.
Taqwa, M. (2022). Praktikalitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik Dengan Software R Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV) Volume 4 Nomor 1, 4(1).
Tessemer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Kogsn Page Limited.