Pendampingan Adaptasi Teknologi, Numerasi, Literasi, dan Administrasi Pada SMP Baitur Rohman Wringinagung
Abstract
Kegiatan kampus mengajar memberikan mafaat yang banyak bagi sekolah. Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang di temui di sekolah. Dalam pengabdian ini ditemui premasalah terkait adaptasu teknologi dalam pembelajaran, literasi dan numerasi dalam pembelajaran, serta adminitrasi dalam pengelolaa perpustakaan. Tujuan dari kegiatan pendampingan 4 permasalahan di atas yaitu memberikan perbaruan kemampuan teknologi dalam pembelajaran, peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam pembelajaran, serta pengelolaan perpustakaan dengan adminitrasi yang memadai. Kesimpulan dari pendampingan yaitu siswa telah memulai membiasakan pembelajaran yang menggunkan media teknologi seperti video pembelajaran, dan komputer, serta kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat dalam proses pembelajaran. Perpustakaan mempunyai adminitrasi yang tertib, buku koleksi perpustakaan yang tertata dengan baik. Siswa dan guru mudah untuk menemukan buku yang dibutuhkan dalam pembelajaran.
References
Ayu Megawaty, D., Alita, D., & Sukma Dewi, P. (2021). Penerapan Digital Library Untuk Otomatisasi Administrasi Perpustakaan. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 121–127. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506
Handayani, E., Setiawan, D. R., & Semiati. (2022). Pengelolaan Administrasi Perpustakaan di SDN Kenokorejo 01. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 107–110. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.252
Kari, K. (2023). Program Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi di SD Inpres Mauloo. Abdimas Mandalika, 2(2), 106–111. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpam/article/view/12286%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jpam/article/download/12286/6289
Negeri, S. D., Yazid, M., Nurhaliza, S., & Mahmudah, R. (2023). Pendampingan Literasi , Numerasi , Adaptasi Teknologi , dan. 04(1), 50–58.
Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2022). Kemampuan Berpikir Matematis Dengan Kajian Metode Pemikiran Analogi Untuk Permasalahan Literasi Numerasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 434–439. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.792
Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2021). Proses Berpikir Penyelesaian Proyek Bertingkat Melalui Metode Flipped Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Multilevel Project Completion Thinking Process Through the Flipped Classroom Method during the Covid-19 Pandemic Universitas PGRI Argopuro Jember Inda. Jurnal Aksioma, 6(2), 128–138. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/axi.v6i2.1209
Putra, E. D., & Panglipur, I. R. (2019). Analisis Level Kinerja Practitioner Melalui Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 25–35. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.700
Putra, E. D., Sullystiawati, L. H., & Sari, Y. I. (2023). Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika. Jurnal Dedication, 7(1), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1034
Qulloh, F. I. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1(2), 2.
Zukhrufurrohmah, & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi dalam Menyiapkan AKM pada Guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249–260. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb
Copyright (c) 2023 Indah Rahayu Panglipur, Frida Murtinasari, Nabiladhia Rahayu Prima Wardah, Eric Dwi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.