PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SISWA SMP CITRA BAKTI

Main Article Content

Maria Editha Bela
Wilibaldus Bhoke
Maria Carmelita Tali Wangge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik yang baik untuk materi Statistika kelas VIII di SMP Citra Bakti. Perangkat yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada teori pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dkk. (1974) yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Model 4-D yang terdiri dari empat tahap dimodifikasi menjadi tiga tahap sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Untuk menghasilkan perangkat Lembar Kerja Siswa yang baik maka Disini dilihat dari hasil validasi dari Validator terhadap Lembar Kerja Siswa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, karena penilaian validator memberikan penilaian terhadap setiap aspek minimal baik atau 4 dan hasil analisis angket respon siswa menunjukan lebih dari 70% dari 8 siswa yang merespon memberikan respon positif terhadap semua pernyataan dalam angket respon siswa

Article Details

How to Cite
Bela, M., Bhoke, W., & Tali Wangge, M. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SISWA SMP CITRA BAKTI. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 19-25. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.19-25
Section
Articles

References

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Matematika: Buku Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Research Product Quality from Design Approaches And Tools In Education And Training. Nederlands : Kluwer Academy Publisher.

Nuh, Muhammad. (2013). Menyemai Kreator Peradaban. Jakarta: Zaman.

Nur, Muhammad dan Wikandari, P. R. (2008). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Unesa.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua, Cetakan ke-5. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.