KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA OENAEM KECAMATAN BIBOKI SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5902Keywords:
Kualitas, Pelayanan publikAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Oenaem Kecamatan Biboki Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini yaitu belum maksimalnya pelayanan publik di Desa Oenaem Kecamatan Biboki Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Kualitas Pelayanan Publik di Desa Oenaem. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik di Desa Oenaem belum maksimal. Kondisi ini terlihat pada Dimensi Tangible dan Dimensi Reliabilty. Pada dimensi tangible ditemukan beberapa kekurangan yaitu kondisi kantor desa dalam proses renovasi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam memberikan pelayanan publik dan belum memadainya peralatan kantor di Desa Oenaem. Dimensi Reliability pada dimensi ini terdapat beberapa indikator diantaranya kecermatan, standar pelayanan yang jelas, kemampuan, dan keahlian dari indikator tersebut ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu berkaitan dengan kemampuan dan keahlian aparat desa dalam mengoperasikan komputer sehingga pelayanan administrasi di desa belum maksimal.
References
Miles dan Huberman.1984.Analisis Data Kualitatif. Univesitas Indonesia Press.Jakarta
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.Yogyakarta
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63KEP/ M.PAN/ 7/ 20043 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Litjan Poltak Sinambela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Oenaem. Tahun 2020
Sugiyono.2005.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung
Tjiptono.2001.Konsep Pelayanan Publik.PT Bumi Aksara.Jakarta
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JianE telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor.
JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JianE dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JianE: yaitu Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License