KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA OENAEM KECAMATAN BIBOKI SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Authors

  • Vebiana Uskono Universitas Timor
  • Aplonia Pala Universitas Timor
  • Stefanus Bekun Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5902

Keywords:

Kualitas, Pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Oenaem Kecamatan Biboki Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini yaitu belum maksimalnya pelayanan publik di Desa Oenaem Kecamatan Biboki Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Kualitas Pelayanan Publik di Desa Oenaem. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik di Desa Oenaem belum maksimal. Kondisi ini terlihat pada Dimensi Tangible dan Dimensi Reliabilty. Pada dimensi tangible ditemukan beberapa kekurangan yaitu kondisi kantor desa dalam proses renovasi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam memberikan pelayanan publik dan belum memadainya peralatan kantor di Desa Oenaem. Dimensi Reliability pada dimensi ini terdapat beberapa indikator diantaranya kecermatan, standar pelayanan yang jelas, kemampuan, dan keahlian dari indikator tersebut ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu berkaitan dengan kemampuan dan keahlian aparat desa dalam mengoperasikan komputer sehingga pelayanan administrasi di desa belum maksimal.

References

Moleong, Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Karya. Bandung
Miles dan Huberman.1984.Analisis Data Kualitatif. Univesitas Indonesia Press.Jakarta
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.Yogyakarta
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63KEP/ M.PAN/ 7/ 20043 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Litjan Poltak Sinambela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Oenaem. Tahun 2020
Sugiyono.2005.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung
Tjiptono.2001.Konsep Pelayanan Publik.PT Bumi Aksara.Jakarta
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Uskono, V., Pala, A., & Bekun, S. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA OENAEM KECAMATAN BIBOKI SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 4(2), 205–212. https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5902