PERSEPSI BIAYA MEMODERASI PENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA TIRTA CENDANA KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

  • Dominikus Kopong Duli fakultas ekonomi dan bisnis unimor
  • Maximus L. Taolin Universitas Timor
  • Desmon Redikson Manane Universitas Timor
Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi Biaya, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perumda Tirta Cendana adalah badan usaha milik Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara, bergerak dalam bidang pelayanan air bersih dan memiliki banyak pelanggan. Para pelanggan berharap agar distribusi air bersih dapat memenuhi kebutuhan baik konsumsi maupun kebutuhan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dimoderasi persepsi biaya terhadap kepuasan pelanggan. Masalah umum yang mejadi fokus penelitian adalah  sebagian pelanggan kurang puas dengan pelayanan. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi biaya secara bersama-sama  berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan output persamaan pertama, uji hipotesis menunjukan bahwa F-hitung>F tabel  ( 9,119>3,11) atau signifikansi hitung< alfa ( 0,000<0,05). Pada output persamaan kedua F-hitung>F-tabel (6,951>3,11 atau signifikansi hitung< alfa ( 0,000<0,05) berarti ada pengaruh secara simultan ketika ada variabel moderasi. Output dari hasil analisis persamaan kedua menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,128>alfa 0,05 berarti variabel persepsi biaya (moderasi) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan kedua model persamaan tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi biaya bukan merupakan variabel moderasi melainkan sebagai variabel independen atau variabel prediktor.

References

Andriani Fitri, 2012 Organizational Citizenship Behavior dan Kepuasan Kerja pada Karyawan. Jurnal Penelitian Psikologi. Surabaya. Vol. 03, No. 01. Hal . 341- 354.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
Bailia, Jefry F.T.2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 2(3): 1768–80.
Batubara, S.R. (2011). Hubungan Kualitas dan Penggunaan Air Sungai Belumai Dengan Keluhan Kesehatan Pada Pengguna Air di Kecamatan Tanjung Morawa. Tesis. Universitas Sumatera Utara.
Humairah, A. P. (2020). Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor (PERUMDA – TPKB ).
Kotler dan keller.2016.Manajemen Pemasaran.(edisi 12).Jakarta:Erlangga
Meta P.K Shandra, Murwati Ningsih 2016. Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen. Management Analysis Journal 5 (1) 2016. Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2 (2), 312–318.
Supranto J. , 2011 Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2024-06-30
How to Cite
Duli, D., Taolin, M., & Manane, D. (2024). PERSEPSI BIAYA MEMODERASI PENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA TIRTA CENDANA KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 192 - 205. https://doi.org/10.32938/ie.v6i2.7082