Desain Learning Trajectory Matematika Dalam Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Menggunakan Blok Aljabar

Main Article Content

Deby Lucia Dwiputri
Nur Rusliah
Ria Deswita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk desian learning trajectory yang valid dan praktis untuk mendukung pemahaman siswa dalam memfaktorkan persamaan kuadrat dengan menggunakan blok aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. Design research ini melalui beberapa tahapan yaitu: 1) Preliminary Design yang mencakup penyusunan hypotethical learning trajectory (HLT); 2) Design Experiment yang mencakup pelaksanaan pembelajaran berdasarkan HLT yang telah dirancang; dan 3) Retropective Analysis, yaitu membandingkan HLT yang dilaksanakan. Pengembangan HLT menjadi learning trajectory diperoleh melalui dokumentsi, observasi dan wawancara dengan guru dan siswa untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi alur belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C MTsN 6 Kerinci yang berjumlah 20 siswa untuk teaching expriment. Sedangkan pilot experiment adalah siswa kelas IX MTsN 6 Kerinci yang dipilih sebanyak 6 siswa dengan 3 yang mempunyai kemampuan yang berbeda-berbeda yang dipilih oleh guru yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa desian pembelajaran yang disusun dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika serta kemampuan konsep siswa tentang memfaktorkan persamaan kuadrat melalui blok aljabar. Siswa dapat menemukan konsep persamaan kuadrat dengan baik serta dapat mempresentasikan hasil pemecahan masalahnya.

Article Details

How to Cite
Dwiputri, D. L., Rusliah, N., & Deswita, R. (2023). Desain Learning Trajectory Matematika Dalam Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Menggunakan Blok Aljabar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.37-46
Section
Articles