Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian pada Siswa Kelas III UPTD SDI Tarawaja

Main Article Content

Yosefa Veniranda Tai
Maria Carmelita Tali Wangge
Wilibaldus Bhoke
Melkior Wewe

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan numerasi dasar yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran, seperti kemampuan mengenal lambang bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat bilangan dan kemampuan menyelesaikan operasi penjumlahan dan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis tes. Analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa yang berada pada level 2 terdiri dari 8 siswa, level 3 sebanyak 3 siswa dan siswa yang berada pada level 4 terdiri dari 3 siswa dari 14 siswa di kelas 111. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja masih rendah dan masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan tetap melaksanakan pembelajaran sesuai level, menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran.


 

Article Details

How to Cite
Tai, Y., Tali Wangge, M., Bhoke, W., & Wewe, M. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian pada Siswa Kelas III UPTD SDI Tarawaja. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 435-443. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.435-443
Section
Articles

References

Agustin, Nella, dkk. 2021. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antalogi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta: UAD Press.

Ahmadi, abu dan Nur Uhbiyati. (2015). Ilmu pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta

Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/)

Ayuningtyas, Nurina et al. (2020) “Analisis pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru” jurnal matematika. Vol. 9 No. 2 STKIP PGRI SIDOARJO.

Cahayani, Novia Nila, et al. (2022) “Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7 No. 2b. Universitas Mataram.

Goos, M., dkk. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics.

Han, Weilin, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasbullah. 2017. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2021). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2021b). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Matthew B. Miles & A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Maulyda, Mohammad Archi., Affandi, L. H.,Rosyidah, A. N. K., et al. (2021. “Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa” dalam Jurnal Pembelajaran Siswa Inovatif. Vol. 4 No. 3. Universitas Mataram.

Pangesti, F.T.P. 2018 . Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.