Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Bangun Datar (Persegi Panjang) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Main Article Content

Katharina Kedhi
Wilibaldus Bhoke
Maria Carmelita Tali Wangge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi bangun datar persegi panjang dengan menggunakan penerapan model Pembelajaran Metematika Realistik (PMR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Radha, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur yang berjumlah 11 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart.  Model penelitian tindakan ini mengandalkan  sistem spiral refleksi diri yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu: Planning (rencana), Action (tindakan), Observing (pengamatan), dan Refleccting (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus II. Pada tahapan prasiklus, kemampuan numerasi siswa pada materi bangun datar persegi panjang memperoleh hasil rata-rata sebesar 53,45. Selanjutnya pada siklus 1 dan siklus II, peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model PMR pada materi bangun datar persegi panjang sehingga kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan berturut-turut sebesar 62,27 dan 72,09. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran matematika realistik pada materi bangun datar persegi panjang dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN Radha.

Article Details

How to Cite
Kedhi, K., Bhoke, W., & Wangge, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Bangun Datar (Persegi Panjang) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 398-412. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.398-412
Section
Articles

References

Apsari, R. A., Suharta, I. G. P., & Sariyasa. (2016). Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 74-56.
Aqib, Zainab dan Amrullah, Ahmad. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas & Teori Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Armiyanti, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa SD. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 110-115. Diakses dari https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3904
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Kamsurya, R. (2019). Desain Research: Penerapan Pendekatan PMRI Konsep Luas Permukaan dan Volum Kerucut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56-70. https://doi.org/10.30654/math.v2i1.1386
Kemendikbud. (2020). Adaptasi Pembelajaran Beroreientasi Literasi dan Numerasi. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Mariamah, Suciaty, & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 69-88.
Nanda, Indra & Sayfullah, Hasan. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Jawa Barat: Adab.
Narwati. (2020). Penerapan Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Siswa Kelas III MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi, 1(1), 71-83.
Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. 2015. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar 2015.
Ria, FX, Kagum, EY, & Laksana, DNL (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570-577. Diakses dari https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006.
Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 151–159. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785
Widari, I. G. A. A., et al. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV A SDN 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012: Jurnal Santiaji Pendidikan , 3(2).
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasi, 2(1), 183-193. https://doiu.org/10.21831/jpe.v2i2.2718