Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Pecahan

Main Article Content

Atika Anggraini
Mardiah Syofiana
Winda Ramadianti

Abstract

Kemampuan penalaran memiliki peran penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran, namun danya siswa yang kurang memahami dan menggunakan nalar dengan baik menyebabkan siswa gagal menguasai pokok bahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa berbasis masalah  dalam meneyelesaikan permasalahan  pada materi bilangan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumennya berupa hasil studi dokumentasi yaitu LKS dengan soal kemampuan penalaran matematis pada saat pembelajaran matematika dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa dapat  menyelesaikan soal permasalahan kemampuan penalaran dengan kategori sedang, masih terdapat beberapa permasalahan yang mereka lewatkan sehingga jawaban yang dihasilkan kurang tepat.

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, Y., & Ristontowi. (2022). Pengembangan soal kemampuan penalaran matematis untuk siswa sma. 9(2), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2508
El Hakim, L., & Deniyanti, P. S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Materi SPLDV di Kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. 4(1), 30–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Moleong, L. J. (2018). metode penelitian kualitatif.
Noviana, K., Gunowibowo, P., & Asnawati, R. (2018). No TitEfektivitas Contextual Teaching and Learning Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswale. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 6, Nomor 3, April 2018, Halaman ISSN: 2338-1183.
Offriston, T. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta.
Purwanti, S., Syofiana, M., & Risnanosanti. (2020). Soal tentang Bilangan Bulat untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 145–152.
Putri, A. D., & Yuliani, A. (2019). Kabupaten Bandung Barat Pada Materi. 01(02), 400–409.
Rahman, R., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa Smk Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Infinity Journal, 3(1), 33. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.38
Raihan, S. S., Bahri, S., Matheducation, J., & Vol, N. (2022). Analisis Hasil Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP-IT Darul Istiqlal Artikel ini merupakan merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar terhadap. 5(1), 51–59.
Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 42–59.
Riwayati, S., Destania, Y., & Matematis, K. P. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. 5(November), 27–33.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru.
Salmina, M., & Syarifah Khairun Nisa. (2016). 2 (1.2). The New Oxford Shakespeare: Modern Critical Edition, 5(April 2018), 487–500. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168128
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302
Syamsurizal, Rusdi, M., & Sastrawati, E. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77-85
Tina Tri Sumartini. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.
Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. UIN Syarif Hidayatullah, 1–98.
Yuhasriarti. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. 1, 81–87.