Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Main Article Content

Freddy Prasetyo
Dadan Dasari

Abstract

Hasil belajar matematika merupakan salah satu tolok ukur untuk melihat sejauh mana tujuan pembelajaran matematika telah tercapai, banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, diantaranya adalah kecemasan dan motivasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan kriteria inklusi yaitu artikel terindeks oleh Sinta atau Scopus, diterbitkan pada rentang waktu sepuluh tahun terakhir (2013-2022), ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, dan menggunakan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, maupun metode gabungan, yang ditelusuri pada database Garuda dan Google Scholar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana motivasi belajar dan kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa kecemasan matematika memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar matematika, semakin tinggi tingkat kecemasan matematika maka akan semakin rendah hasil belajar siswa, hal ini karena kecemasan matematika menimbulkan rasa gelisah, rasa tidak nyaman ketika belajar, menimbulkan rasa cemas, tegang, dan takut. Sedangkan motivasi belajar memiliki hubungan terhadap peningkatan hasil belajar matematika, semakin baik motivasi belajar yang dimiliki siswa maka akan semakin baik hasil belajarnya, hal ini disebabkan motivasi belajar memunculkan kebiasaan belajar yang baik, membuat siswa bersemangat, bergairah dalam belajar dan mendorong rasa ingin tahu, serta mendorong siswa melakukan aktivitas pembelajaran yang optimal.

Article Details

Section
Articles

References

Altakhyneh, B. H. (2020). The effect of mathematics anxiety on the achievement of middle school students in Amman. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 338–344. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.15886

Anindyarini, R., & Supahar, S. (2019). A mathematical anxiety scale instrument for junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 447–456. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.13267

Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stress Matematika, dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 7(2), 243–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1422

Asniyati, Lambertus, & Arapu, L. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Darul Mukhlisin Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2), 155–168. https://doi.org/doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9124

Asutas, P., Astindari, T., & Noervadila, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Krits Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ipa Ma.Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 62. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1399

Brittain, P. (2022). Addressing math content knowledge and math anxiety in a teacher education program. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 83(1-A).

Burhanuddin, B., Sudia, M., & La Arapu, L. A. (2019). Pengaruh Sikap Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smpn 12 Kendari Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 15. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7379

Cook, D. A., & Artino, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical Education, 50(10), 997–1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074

Effendi, K. N. S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Dalam Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3, 1–7. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i1.886

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Faryadi, Q. (2018). PhD Thesis Writing Process: A Systematic Approach—How to Write Your Literature Review. Creative Education, 09(16), 2912–2919. https://doi.org/10.4236/ce.2018.916219

Ganley, C. M., Schoen, R. C., Lavenia, M., & Tazaz, A. M. (2019). The Construct Validation of the Math Anxiety Scale for Teachers. AERA Open, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.1177/2332858419839702

Gusnawati, Bey, A., & Hasnawati. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawerigadi. 7(1), 57–70. https://doi.org/dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8247

Himmi, N., & Azni, A. (2017). Hubungan Kesiapan Belajar Dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Pythagoras, 6(1), 22–30. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.619

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Refleksi Edukatika, 4(2), 75–83.

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879

Karomah, E., Suhito, S., & Hidayah, N. (2016). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Syahid Doro. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 19–28.

Khasanah, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 1 Jetis. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 413–418. https://doi.org/10.30738/.v4i3.436

Kitchenham, B., & Charters, S. M. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering EBSE Technical Report EBSE-2007-01 Software Engineering Group School of Computer Science and Ma. October 2021.

Kristanti, F., Dewi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Tingkat Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus pada Siswa SMPN 2 Balaraja. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 145–152. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9440

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Liu, H., & Ko, Y. C. (2022). Intention under the Application of Station B Media. 3, 33–42. https://doi.org/10.23977/appep.2022.030104

Lyons, I. M., & Beilock, S. L. (2012). When Math Hurts: Math Anxiety Predicts Pain Network Activation in Anticipation of Doing Math. PLoS ONE, 7(10). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0048076

Maamin, M., Maat, S. M., & Iksan, Z. H. (2021). Analysis of the factors that influence mathematics achievement in the ASEAN countries. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(1), 371–389. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i1.5535

Mayudana, I. K. Y. (2020). Hubungan kecemasan matematis dan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK TI Bali Global Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Widyadari Jurnal Pendidikan, 21(2), 544–555. https://doi.org/10.5281/zenodo.4048974

Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140

Nuriadin, I., & Perbowo, K. S. (2013). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Smp Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Infinity Journal, 2(1), 65. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.25

Nurmuiza, I., Maonde, F., & Sani, &asrul. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN The Effect of Motivation on Mathematics Learning Outcomes High school student. Pendidikan Matematika, 6(2).

Nurul Hikmah, S., & Hendra Saputra, V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

Pantoja, N., Schaeffer, M. W., Rozek, C. S., Beilock, S. L., & Levine, S. C. (2020). Children’s Math Anxiety Predicts Their Math Achievement Over and Above a Key Foundational Math Skill. Journal of Cognition and Development, 21(5), 709–728. https://doi.org/10.1080/15248372.2020.1832098

Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT & STAD Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Gammath, I(2), 9–17.

Ramadhani, W. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Komik Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp77-86

Rosyadi. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 149–162. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.26

Santri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives , 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 77. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5646

Sinaga, E. S., & Hasibuan, N. H. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Ananda Batam. Jurnal Dimensi, 8(1), 116–126. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1860

Siswanto, I. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 1(2), 180–184. https://doi.org/doi.org/10.36294/jmp.v1i2.146

Sudiana, N., Yudana, I. M., Ratnaya, G., Dantes, K. R., Ganesha, P., Ganesha, U. P., & Surabaya, U. N. (2022). “ MANTERA PEMUAS ” Increasing the Learning Motivation of Junior High School Students. 6(5), 7014–7022.

Sunita, N. W., Parmithi, N., & Yanti, N. P. W. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Abiansemal. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 45–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743189

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828

Suren, N., & Ali Kandemir, M. (2020). The effects of mathematics anxiety and motivation on students’ mathematics achievement. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(3), 190–218. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I3.926

Tanzila, S., & Nasution, H. A. (2022). Pengaruh kecemasan matematis dan belief matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 21–29.

Tee, K. N., Leong, K. E., & Abdul Rahim, S. S. (2018). The Mediating Effects of Critical Thinking Skills on Motivation Factors for Mathematical Reasoning Ability. Asia-Pacific Education Researcher, 27(5), 373–382. https://doi.org/10.1007/s40299-018-0396-z

Tran, L. T., & Nguyen, T. S. (2021). Motivation and Mathematics Achievement: A Vietnamese Case Study. Journal on Mathematics Education, 12(3), 449–468. https://doi.org/10.22342/JME.12.3.14274.449-468

Utami, N. S., & Fuadiah, N. F. (2018). Nurhayati Sri Utami , Nyiayu Fahriza Fuadiah Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Vol . 4 Edisi Dies Natalis XXXII 2018 Tingkat Kecemasan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika © STKIP PGRI Banjarmasin Vol . 4 Edisi. Jurnal Penddidikan Matematika, 4(2018), 327–335.

Wilson, M. (2015). Assignment 2-Part B Gregory Donde T00050338. Thompson Rivers University. EDDL 5111.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Zamsir, Masi, L., & Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170–181.