Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP N 1 Amanuban Barat Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung

Main Article Content

Juweni T. Tefi
Fitriani Fitriani
Yohanis Ndapa Deda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi lengkung berdasarkan Prosedur Newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IXA yang berjumlah 21 orang. Subjek untuk wawancara diambil 3 dari 21 siswa kelas IXA, berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IXA SMP N 1 Amanuban Barat. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi lengkung yaitu: Kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. 


 


 

Article Details

How to Cite
Tefi, J., Fitriani, F., & Deda, Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP N 1 Amanuban Barat Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 46-59. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.46-59
Section
Articles

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan.Kadikma. 8(1), 40-51.

Hardiyanti, H. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear.Artikel.Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.

Haryati, T. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman.(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang. IKIP Malang.Hal.37-38.

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Student in Assam (India): An Analisys Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences. 11(1), 111-112.

Mali, M. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 65-72. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.65-72.

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurul H. A., Abdur Rahman As’ari & Abadyo. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss Menurut Teori Newman: Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungbumi Bangkalan.Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Saink dan Matematika.5(2), 22-32.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. JurnalPembelajaran Matematika. 5(2).

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke-18). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Syahrudin. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Skripsi. Hal. 10-11.

Wildaniati.Y. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal.Vol. 3, Hal. 265.