Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII

Main Article Content

Florensia Kolo
Selestina Nahak
Fitriani Fitriani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel dan untuk mengetahui faktor - faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP Negeri Satap Amol. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri Satap Amol yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data, pemaparan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Faktor – faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan yaitu siswa buru – buru dalam mengerjakan soal, siswa malu bertanya, catatan siswa kurang lengkap, siswa tidak belajar, siswa mengalami kekeliruan dalam mengerjakan soal,siswa tidak memahami dan mengerti, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal,siswa tidak membaca yang diperintahkan pada soal, siswa tidak tau apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal.

Article Details

How to Cite
Kolo, F., Nahak, S., & Fitriani, F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 100-114. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.100-114
Section
Articles

References

Abdurrahman M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remedianya. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir Z & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arafan A & Khotimah R. P. (2018). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X Ssmk Harapan Kartasura. [Doctoral dissertation]. Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Epriyanti S. (2016). Deskripsi Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Siswa SMA Kelas XI. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Febrini. (2017). Psikologi Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Idris, F.H., Hamid, I. & Ardiana, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3/2.

KBBI. (2020). Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi. (2006). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Matematika Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma Kelas X. [Skripsi]. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Sasmita. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas IX1 SMP Negeri I Bontumarannu. [Skripsi]. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Subini N d. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sudijono A. (2009). Pengantar Statistic Pendidikan Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar (Cetakan 18). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tursam Hakim. (2005). Kesulitan Belajar Pada anak. Jakarta: Aneka Cipta.

Wigati Tri Utami. (2012). Identifikasi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Yang berkaitan Dengan Pecahan Di Kelas VIII SMP N 3 Ngaglik Slamen Tahun Ajaran 2011/2012. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.