Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII

Main Article Content

Florensia Kolo
Selestina Nahak
Fitriani Fitriani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel dan untuk mengetahui faktor - faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP Negeri Satap Amol. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri Satap Amol yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data, pemaparan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal. Faktor – faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan yaitu siswa buru – buru dalam mengerjakan soal, siswa malu bertanya, catatan siswa kurang lengkap, siswa tidak belajar, siswa mengalami kekeliruan dalam mengerjakan soal,siswa tidak memahami dan mengerti, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal,siswa tidak membaca yang diperintahkan pada soal, siswa tidak tau apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal.

Article Details

Section
Articles